ARTICLE SOBAT POLRI

Bhabinkamtibmas Cegah Tindak Kriminalitas

Dok Polda Kaltim

Dalam rangka lebih mendekatkan diri ke masyarakat serta untuk menyampaikan program kepolisian, Polri mengutus Bhabinkamtibmas untuk menyambangi masyarakat. Polisi yang Humanis tentunya akan lebih disukai oleh masyarakat, dan jika masyarakat sudah merasa aman dan nyaman dengan kehadiran polisi di lingkungannya, tentunya program-program kepolisian akan lebih mudah untuk masuk dan diterima oleh masyarakat.

Apa Itu Bhabinkamtibmas?

Bhabinkambitmas merupakan kepanjangan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polisi Masyarakat di tingkat desa/kelurahan.

Tugas Bhabinkamtibmas

Dok Polda Kaltim

Tugas Bhabinkamtibmas hampir sama dengan Babinsa di TNI. Tugas utama dari Bhabinkamtibmas adalah memberikan penyuluhan hukum secara langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu penempatan Bhabinkamtibmas dilakukan di setiap kelurahan yang ada melalui polsek yang terkait.

Fungsi Bhabinkamtibmas (Pasal 26 Perkap No 3 Tahun 2015) sebagai berikut:

  1. Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk : mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan
  2. Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM)
  3. Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas)
  4. Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat
  5. Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan
  6. Menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif
  7. Mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya
  8. Melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial

4D Dan 1 C

Seorang polisi yang ditunjuk menjadi Bhabinkamtibmas tentunya harus dibekali dengan pengetahuan hukum, sabar, tegas, dan memiliki kemampuan untuk membina masyarakat. Sebagai Bhabinkamtibmas yang harus dilakukan saat terjun ke masyarakat ialah 4D dan 1 C, Datang, Duduk, Dengarkan, Dialog dan Catat.

Tentunya Bhabinkamtibmas memiliki kewajiban untuk datang langsung ke masyarakat. Selain dalam rangka silaturahmi dan mendekatkan institusi kepolisian kepada masyarakat, kehadiran bhabinkamtibmas diharapkan bisa menghilangkan pandangan negatif kepolisian di masyarakat.

Duduk bersama dalam keakraban dan kehangatan obrolan tentu bisa mencairkan suasana. Tak kenal maka tak sayang, istilah yang akrab di masyarakat. Jika masyarakat tidak akrab dengan kepolisian, tentunya apa pun yang dilakukan oleh kepolisian tidak akan mendapat respon baik. Akan tetapi jika masyarakat dekat dengan kepolisian, respon masyarakat terhadap kepolisian akan cenderung baik dan positif.

Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, polisi wajib mendengarkan keluhan masyarakat. Segala unek-enek yang terjadi di lingkungan sekitar mereka tentunya butuh solusi. Bhabinkamtibmas harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat.

Apakah semua keluhan mereka harus diatasi oleh Bhabinkamtibmas? Tentunya tidak semua bisa langsung diatasi. Itulah pentingnya dialog langsung dengan masyarakat. Sama-sama mencari solusi untuk permasalahan yang ada.

Dan jika solusi belum ditemui, cukup catat, dan laporkan kepada atasan atau instansi terkait. Sebenarnya dengan didengarkan keluhannya, masyarakat sudah merasa cukup puas, apalagi jika sampai ditemukan solusi atas keresahan yang ada.

Cegah Kriminalitas

Hadirnya sosok Bhabinkamtibmas di masyarakat demi terjalinnya silaturahmi dan komunikasi yang baik antara bhabinkamtibmas dengan warga binaannya, selain itu juga guna menggali informasi tentang situasi dan kondisi serta perkembangan kamtibmas di desa, sehingga bila terdapat atau terjadinya tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas, warga tidak sungkan melaporkan kepada bhabinkamtibmasnya dan dapat segera ditindak lanjuti.

Konflik sosial merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui di masyarakat. Jika hal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin akan terjadi perpecahan di dalam masyarakat, hal ini tentunya akan makin sulit dipadamkan jika tidak ada campur tangan polisi yang sudah dekat dan disegani di masyarakat.

Keharmonisan dan kerukunan antar warga masyarakat harus terus terbina dan terjalin demi keamanan warga sendiri. Kesadaran akan toleransi dan saling menghormati harus terus ditumbuh kembangkan, mengingat jaman sekarang orang lebih sibuk dengan urusan pribadi dan agak susah membagi waktu untuk sekedar ngumpul dan ngobrol dengan tetangga. Lelah setelah aktivitas seharian ditambah masalah pribadi atau kerjaan tentunya membuat orang akan sulit membagi waktu untuk bermasyarakat.

Untuk itu perlu peran aktif dari Bhabinkamtibmas agar bisa merangkul serta bersosialisasi dengan masyarakat. Semakin terbuka masyarakat dengan polisi, maka semakin kecil kemungkinan terjadi tindak kriminalitas di masyarakat. Segala bentuk ancaman keamanan tentunya akan cepat sampai dan ditindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Door To Door System

Di lingkungan Polda Kaltim, diterapkan Door To Door System bagi Bhabinkamtibmas yang bertugas. Selama satu bulan (5 hari kerja) seorang Bhabinkabtimas di wilayah Polda Kaltm wajib sambang minimal 5 kepala keluarga per minggunya. Sistem DDS dianggap paling efektif saat ini, mengingat semakin sibuknya aktifitas masyarakat di luar, sehingga minim interaksi dengan sesama warga.

Bhabinkabtimas yang bertugas juga wajib menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga yang disambangi. Selain itu, adanya program masing-masing polsek untuk berbagi dengan warga yang kurang mampu, kegiatan DDS ini bisa mendata secara langsung mana warga yang pantas mendapatkan bantuan. ***

*** Achmad Faizal, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *