ARTICLE EVENT LIFESTYLE

Vaksinasi Rabies Gratis Dalam Rangka World Rabies Day 2019

Dok Bagian Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan

Minggu (29/9/19) Balai Karantina Kelas I Balikpapan mengadakan giat pemberian vaksin rabies gratis untuk anjing dan kucing. Giat ini dilakukan di Lapangan Merdeka, Balikpapan mulai pukul 07.00-17.00 wita. Acara ini merupakan peringatan World Rabies Day Tahun 2019 sekaligus merupakan kampanye anti rabies sebagai upaya untuk mewujudkan Kaltim bebas rabies di tahun 2028

Dok Bagian Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan

Peringatan acara ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Wali Kota Balikpapan yang di dampingi oleh Kapolres Balikpapan, Kepala Badan Karantina Pusat, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Balai Karantina Kelas I Balikpapan dan tamu undangan lainnya.

Cat Lovers dan Dog Lovers di Balikpapan antusias dengan acara pemberian vaksin rabies gratis

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, di tahun 2018 ada 449 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR). Sedangkan, di tahun 2019 ini ada 210 kasus yang rata-rata ada 30-40 Kasus GHPR per bulannya. Tetapi, tidak ada yang ditemukan dirawat positif rabies karena cepat ditangani dengan melakukan vaksinasi anti rabies. Vaksin didapatkan setiap tahunnya dari Kemenkes yang di dropping melalui Dinkes Propinsi dan sisa stok vaksin rabies yang tersedia saat ini sejumlah 155.

Ratusan Masyarakat tertib antri menunggu giliran kucing dan anjingnya mendapatkan vaksin rabies

Untuk giat kali ini panitia menyediakan 1000 vaksin rabies untuk kucing dan anjing yang dimiliki oleh masyarakat Kota Balikpapan. Adapun untuk mendapatkan vaksin gratis ini, masyarakat cukup membawa kucing dan anjing usia mulai 6 bulan ke atas, kondisi kucing sehat (tidak sedang sakit, kena jamur atau pun kutu). Ada pun jangka waktu kucing dan anjing yang sudah pernah disuntik rabies ialah 1 tahun. Ratusan Cat Lovers dan Dog Lovers sangat antusias dan mengantri dengan tertib menunggu giliran kucing dan anjingnya mendapatkan vaksin rabies.

Sumber: ig humas pemkot balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *