ARTICLE SOBAT POLRI

Korpolairud Siap Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri

Korps Kepolisian Perairan dan Udara atau biasa disingkat Korpolairud adalah satuan di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mendukung tugas-tugas kepolisian lewat air (sungai/laut) dan udara.

Sejarah Lahirnya Korpolairud

Polairud lahir ketika Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal 14 Maret 1951 soal penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung mulai 1 Desember 1950. Keputusan ini disempurnakan lagi dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Perdana Menteri RI tanggal 5 Desember 1956 tentang pembentukan Seksi Udara pada Jawatan Kepolisian Negara. Sejak itu, bagian Polisi Perairan menjadi bagian Polisi Perairan dan Udara.

Pesan Kapolri Di HUT Ke-69 Tahun Korpolairud

Dok Humas Polri

1 Desember 2019, Korpolairud sudah memasuki usia ke-69. Tema HUT Kopolairud ke-69 ialah “SDM Unggul Dengan Almatsus Modern Korpolairud Siap Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri”. Dalam upacara peringatan HUT Ke-69 Korpolairud, Kapolri Jendral Polisi Idham Azis menyampaikan pesan diantaranya:

  1. Personel senantiasa menjaga kesehatan pribadi dan keluarga serta menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan.
  2. Menjaga kehormatan pribadi kesatuan dan institusi Polri dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.
  3. Terus membangun sinergisitas dan soliditas kepada TNI, bakamla, bea cukai dan stakeholder lain.
  4. Terus memelihara kesiapsiagaan personil sehingga mampu digerakkan setiap saat apabila ada hal-hal yang sifatnya kontigensi.
  5. Melakukan Inovasi dan terobosan kongkrit untuk menumbuhkembangkan apa yang bisa dilaksanakan di dalam korpolairud ini.

Walaupun Polairud sudah menorehkan sejumlah prestasi, Idham berharap satuan itu dapat meningkatkan prestasi di bidang keamanan dan ketertiban serta pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Polairud Polda Kaltim

Dok Humas Polda Kaltim

Korpolairud Polda Kaltim selama ini terus menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Kalimantan Timur. Beragam torehan prestasi mulai dari tim sar yang ikut membantu di setiap musibah/kecelakaan yang terjadi di perairan sekitar Kaltim, pengungkapan kasus narkoba, bom ikan, serta terus melakukan patroli guna menjaga kondusifitas perairan Kaltim.

Sebagai bagian dari Polri, Korpolairud juga dituntut untuk Promoter. Kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri khususnya Korpolairud.

Dalam rangka HUT ke-69 Korpolairud, Polairud Polda Kaltim melakukan beragam kegiatan diantaranya bakti sosial ke tempat ibadah, donor darah, pemberian bantuan kepada nelayan

Dok Humas Polda Kaltim

Patroli Intensif Mengawal Perairan

Tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan, untuk itu personel Korpolairud dituntut untuk terus menambah skill, serta harus mampu berinovasi serta menjalin kerjasama dengan institusi lainnya, salah satunya dengan TNI.

Patroli di perairan harus terus dilakukan guna mencegah masuknya ancaman bagi keutuhan NKRI, terutama di daerah-daerah perbatasan. Polair juga harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai mengenai ancaman yang bisa masuk melalui perairan Indonesia. Pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat harus dikedepankan demi menciptakan rasa aman di masyarakat.

Para nelayan dituntut juga aktif untuk waspada dan melaporkan jika ada kapal-kapal yang dicurigai yang bukan berasal dari Indonesia, mengingat segala bentuk penyelundupan, perdagangan manusia, narkoba, pencurian ikan, dll bisa terjadi melalui perairan Indonesia. ***

*** Achmad Faizal, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *