ARTICLE SOBAT POLRI

Tanam Pohon Wujud Polri Peduli Lingkungan

“Program penanaman pohon hanya simbol saja yang kita tanam hari ini sebanyak 2020, tetapi dibalik makna simbol itu bagaimana kita ingin mengunggah hati warga negara indonesia untuk mau peduli pada lingkungan, kehijauan agar masa depan anak cucu kita bisa lebih baik dari kita sekarang,” Kapolri Jenderal Idham Azis

Dok Divisi Humas Polri

Satu lagi terobosan dari Kepoisian Republik Indonesia yaitu program Peduli Lingkungan yang diaktifkan kembali oleh Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. Program ini sebenarnya sudah pernah dilakukan, dan diaktifkan kembali oleh Kapolri.

Musibah kebakaran hutan, banjir, dan tanah longsor membuat Jendral ini tergerak untuk melakukan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Kapolri Ingin program ini bisa berlangsung terus untuk menjadikan lingkungan bersih dan terhindari dari bencana alam. Dengan program ini, masyarakat diharapkan bisa peka akan lingkungan agar lingkungan bersih dan terhindar dari banjir maupun longsor.

Momen gerakan satu juta menanam pohon, menurut eks Kabareskrim Polri ini bisa dijadikan momen untuk bangkit dan peka terhadap lingkungan. Kapolri Ingin sekali kejadian bencana alam beberapa waktu lalu yang menelan korban serta banyaknya pengungsi bisa diminimalisir.

Dok Humas Polda Kaltim

Penanaman Pohon Di Wilayah Polda Kaltim

Polda Kaltim juga melaksanakan program ini. Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H. melakukan penanaman pohon di Mako Polda Kaltim. Program ‘Saji Sapo’ yaitu Satu Jiwa Satu Pohon, di mana program ini diutamakan bagi personil Polri untuk bersama-sama melestarikan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat. Penanaman pohon merupakan instruksi dari Kapolri dan dilakukan secara serentak di seluruh Polda yang ada di Indonesia.

Dok Humas Polda Kaltim

Selanjutnya diseluruh wilayah Polda Kaltim akan terus dilakukan giat penanaman pohon. Wilayah yang sudah dilakukan penanaman pohon oleh Kapolda Kaltim diantaranya Mako Polda Kaltim, Kompi C Satbrimob Polda Kaltim Km. 13 Balikpapan, Kawasan Pantai Lamaru, SPN Polda Kaltim, dan Mako Polsek Balikpapan Timur.

Peranan Pohon Dalam Kehidupan

Pohon berperan penting dalam kehidupan kita. Selain sebagai sumber oksigen, pohon juga bisa menjadi penyejuk di saat Matahari bersinar dengan teriknya. Pohon juga memiliki manfaat dari berbagai sisi. Karena memiliki banyak manfaat, maka penting bagi kita untuk menanam pohon.

Dampak pemanasan global sudah semakin terlihat. Semakin berkurangnya hutan akibat dilakukannya pembangunan, penambangan dan kegiatan lainnya membuat bumi semakin panas. Adanya pohon untuk menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.

Kota yang berkembang tentunya membutuhkan area lebih luas untuk dibangun, salah satunya area yang tadinya memiliki banyak tanaman, dibabat untuk kepentingan pembangunan. Salah satu dampak dari pembangunan yang melibas pohon ialah adanya banjir dan tanah longsor. Pohon memiliki kemampuan menyimpan air dalam tanah. Ketika pohon-pohon ditebang, otomatis serapan air tanah berkurang, dan akhirnya air mengalir ke tempat lain. Kemampuan pohon menahan air dalam tanah membuat tanah stabil, jika pohon-pohon besar semakin berkurang, musibah longsor atau pergerakan tanah tidak akan bisa kita hindari.

Kota yang baik tentunya kota yang menyediakan area terbuka dengan pepohonan. Pohon juga memiliki kemampuan menyerap polusi udara. Gas beracun dari polusi udara disulap oleh pohon menjadi sumber oksigen yang dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, adanya pohon juga memperindah dan mempercantik kota.

Pohon Tabebuya Di Kota Surabaya (Sumber google)

Pohon menjadi tempat tinggal bagi sejumlah hewan. Adanya pohon tentunya akan menjaga kelangsungan ekosistem. Hewan-hewan yang tinggal dan hidupnya bergantung pada pohon secara otomatis akan memasuki lingkungan yang dihuni oleh manusia jika tempat tinggal mereka sudah mulai punah. Seringnya kita lihat adanya hewan seperti monyet, ular yang memasuki lingkungan tempat tinggal manusia, diakibatkan dengan semakin menipisnya tempat tinggal mereka.

Sejumlah pohon juga memiliki buah yang bermanfaat untuk tubuh kita. Menanam pohon sayuran dan buah-buahan di sekitar tempat kita tinggal tentunya membawa manfaat bagi kita sendiri.

Kesadaran Semua Pihak

Pentingnya darling (kesadaran lingkungan) tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak, mulai dari diri kita sendiri. Kapolri berharap, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan institusi Kepolisian dan TNI diikuti pula oleh pemerintah daerah setempat serta pemerhati lingkungan. Pohon yang ditanam saat ini semoga bisa dinikmati oleh cucu kita nantinya.

Jika kita mulai kembali sadar akan kondisi lingkungan kita, tentunya musibah bencana alam akan berkurang. Jangan hanya bisa saling menyalahkan jika bencana terjadi. Butuh tindakan nyata dari kita sendiri untuk mengurangi kemungkinan terjadinya bencana alam. Alam hanya bereaksi terhadap kehancuran yang disebabkan oleh manusia dan butuh manusia pula untuk memperbaiki kehancuran tersebut. ***

*** Achmad Faizal, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *