ARTICLE INI BALIKPAPAN

1 Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Di Balikpapan

Walikota Balikpapan, HM. Rizal Effendi, SE. melakukan konferensi pers di kantor walikota Balikpapan pada hari kamis (19/03/2020) malam. Beliau mengumumkan bahwa di Balikpapan terdapat 1 (satu) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes laboratorium Puslitbangkes Kemenkes.RI.

Pasien yang dimaksud merupakan salah satu dari 3 pasien konfirmasi positif di Propinsi Kaltim yang merupakan kontak dari klaster Bogor, namun dari 2 kegiatan yang berbeda pada tanggal 24-28 Februari 2020.

Saat ini pasien dirawat di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo  (RSKD) Balikpapan dan dalam kondisi yang baik. Bersamaan dengan hal tersebut Walikota menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 di Balikpapan. Pemerintah kota terus melakukan upaya tracking dari pasien yang positif guna mencari tahu apakah ada lagi di sekitarnya yang tertular virus covid-19. Untuk itu pemkot bekerjasama dengan TNI dan Polri akan melakukan tracking pihak-pihak yang telah kontak erat terhadap pasien dimaksud.

Sementara itu Pasien observasi di rumah sakit (Pasien Dalam Pengawasan/PDP) di Balikpapan saat ini berjumlah 16 orang. Kasus observasi di rumah (Orang Dalam Pemantauan/ODP) hingga sore ini berjumlah 132 orang dan Pasien pulang (negatif covid-19) sebanyak 10 orang.

Terkait dengan fasilitas ruang isolasi bagi pasien covid-19, walikota menjelaskan ketersediaan ruang isolasi, RS Kanudjoso bersedia menambah ruang isolasi dari sebelumnya 10 kamar menjadi 21 kamar dan jika dibutuhkan dapat disiapkan lagi hingga 50 tempat tidur, yang akan siap dalam satu hingga dua hari kedepan. Sebagai tambahan untuk antisipasi melonjaknya jumlah pasien covid-19 Rumah Sakit Dr Hardjanto (RS Tentara) telah menyiapkan juga 4 kamar isolasi dan ruang bangsal yang dapat menampung 10 pasien lebih.

Pemerintah Kota berharap kepada masyarakat agar tetap tenang dengan kewaspadaan yang tinggi serta senantiasa berupaya menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan, melakukan sosial distance dengan menjaga jarak satu sama lain, tidak bepergian ke luar daerah dan tidak melaksanakan kegiatan dengan jumlah peserta yang banyak.

Untuk informasi terkait Covid-19 Kota Balikpapan dapat menghubungi 0821 5710 5322 / 0811 54 5290 / Call Center 119.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *