ARTICLE SOBAT POLRI

Sinergitas TNI Polri Menghadapi Pandemi Penyebaran Virus Covid-19

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Babulu Berikan Himbauan Pencegahan Virus Corona (Dok Humas Polda Kaltim)

Tidak bisa kita pungkiri, setelah diumumkan mengenai kasus pasien positif covid-19 pertama di Indonesia, semakin hari jumlah kasus terinfeksi covid-19 di Indonesia semakin bertambah. Begitu pula yang terjadi di Kalimantan Timur.

Pemerintah Provinsi Kaltim langsung mengadakan rapat koordinasi menghadapi Covid-19 yang dipimpin langsung Gubernur Kaltim dan dihadiri oleh Wagub Kaltim H. Hadi Mulyadi, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H.,M.H., Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Sekda Provinsi Kaltim, Walikota Balikpapan, Walikota Bontang, Bupati PPU, para pejabat utama Kodam VI Mlw, pejabat utama Polda Kaltim serta perwakilan instansi dan stakeholder terkait di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Senin (16/3).

Keputusan dari Rakor itu, memuat 6 poin. Pertama, kegiatan belajar mengajar mulai dari tingkat PAUD/TK sampai dengan perguruan tinggi agar dilaksanakan di rumah dan jika dimungkinkan dilaksanakan menggunakan media pembelajaran daring/online.

Poin kedua dari keputusan itu, kegiatan perjalanan dinas ke luar negeri untuk sementara ditunda, termasuk perjalanan dinas ke luar daerah dibatasi hanya untuk bersifat mendesak dan sangat penting, pembatasan itu berlaku sejak Selasa (17/3), selama dua pekan kedepan. Meski demikian, sifatnya tidak dilakukan secara menyeluruh.

Pada poin ketiga, pemerintah dan pihak berwenang, meminta masyarakat membatasi bahkan mengurangi semaksimal, dan seefektif mungkin aktivitas di luar dan berhubungan banyak orang.

Poin keempat, kegiatan-kegiatan keramaian, hiburan dan kegiatan lainnya yang melibatkan massa atau orang banyak sementara agar ditiadakan atau dibatasi. Termasuk menunda ujian nasional, hingga dalam waktu yang belum ditentukan.

Poin kelima dari keputusan itu adalah Kebijakan tersebut pada poin 1 sampai 4, berlaku sejak tanggal 17 maret 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut dan atau situasi dinyatakan telah aman dari penyebaran covid-19.

Poin keenam, Pemerintah meminta semua pihak untuk tenang, tidak panik, tidak membuat dan atau menyebarkan informasi yang tidak benar/akurat yang bukan berasal dari sumber resmi dan dihimbau untuk senantiasa menjaga kesehatan serta melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Polda Kaltim Siap Mendukung Kebijakan Pemprov Kaltim

Polda Kaltim kemudian mengerluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat agar dapat mentaati kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah serta untuk saat ini agar dapat tinggal di dalam rumah saja dan hindari tempat-tempat keramaian untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Seluruh personel kepolisian di bawah wilayah hukum Polda Kaltim rutin melakukan patroli guna memantau perkembangan situasi kamtibmas kota/kabupaten yang ada di wilayah Kaltim.

TNI-Polri Membersihkan Lingkungan Bersama (Dok Humas Polda Kaltim)

Pola hidup sehat merupakan salah satu penangkal dari virus covid-19. TNI-Polri secara bersama-sama melakukan bersih-bersih lokasi umum. Hal ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pola hidup bersih kita bisa mencegah penyabaran wabah corona. Lokasi yang menjadi sasaran seperti pasar, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya. Seluruh jajaran polsek diinstruksikan untuk melakukan giat ini.

Dok Humas Polda Kaltim

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh jajaran Polda Kaltim bersama TNI serta stake holder yang ada ialah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kantor, tempat ibadah, jalanan, perkampungan masyarakat, serta tempat umum lainnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan, dan bersama kegiatan ini dilakukan sosialisasi mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa pandemi penyebaran virus covid-19. Diharapkan lingkungan dapat tetap steril dengan selalu menjaga kebersihan.

Dok Humas Polda Kaltim

TNI Polri juga memantau stok pangan yang ada di Kaltim. Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H., bersama Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto, didampingi pula oleh Wakapolda Kaltim Brigjrn Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, S.I.K., serta Walikota Balikpapan. Pemantauan dilakukan di Gudang Bulog selaku tempat penyimpanan stok beras untuk pemenuhan kebutuhan 6 bulan kedepannya dirasa Aman/cukup.

Jajaran Polres dan Polresta di bawah Polda Kaltim juga melakukan sidak ke pasar dan supermarket guna meninjau stok pangan serta kestabilan harga. Hal ini selaras dengan maklumat Kapolri yang menginstruksikan masyarakat tidak menimbun stok pangan secara berlebihan.

Sosialisasi keliling kampung juga dilakukan secara bersama oleh TNI Polri. Himbauan menggunakan mobil atau motor dengan menggunakan pengeras suara dilakukan secara berkeliling kampung. Kegiatan ini mengantisipasi dan turun tangan langsung bersama masyarakat, dengan melibatkan TNI serta petugas Kesehatan untuk mengajak Bersama sama menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan diri sendiri.

Adapun isi dari sosialisasi diantaranya seruan kepada masyarakat untuk sementara di Rumah saja dan kurangi aktifitas di luar rumah, cara menjaga kebersihan diri, cara mencuci tangan yang baik kepada warga masyarakat. Kalau merasa ada keluhan dengan kesehatan agar cepat-cepat periksa ke puskesmas atau dokter terdekat.

Di Rumah Saja

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja selama pandemi ini berlangsung. Segala kegiatan di luar rumah sebaiknya dibatasi. Sekolah, perkuliahan diliburkan. Anak-anak melakukan belajar di rumah. Perkantoran pun dihimbau untuk melakukan pekerjaan dari rumah.

Selama aktifitas masyarakat berlangsung di rumah, tentunya aparat keamanan harus bisa menjamin keamanan lingkungan. Perekonomian melemah tajam. Beberapa tempat usaha tutup. Sebagian karena takut terkena virus, sebagian lagi karena omset turun drastis. Hal ini tentunya bisa memicu tindak kejahatan. Untuk itu TNI Polri harus bersatu menjaga keamanan lingkungan.

Perut lapar bisa memicu kejahatan kecil maupun besar. Hal ini bisa dicegah dengan rutin melakukan patroli keliling serta terus menghimbau masyarakat untuk tetap mengaktifkan penjagaan lingkungan. Bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dari tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi, imbas dari melemahnya perekonomian akibat pandemi. ***

*** Achmad Faizal, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *