ARTICLE LIFESTYLE

Mengenal Istilah Dalam Penanganan Covid-19

Selama masa pandemi penyebaran virus covid-19, seringkali kita mendengar istilah OTG, ODP, serta PDP. Ketiga istilah tersebut untuk mengelompokkan risiko serta gejala yang timbul bagi orang yang mungkin atau sedang terinfeksi virus covid-19. Apa arti dari kata itu?

Kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yakni mereka yang tidak bergejala ke arah terinfeksi virus covid-19 (demam, batuk, radang tenggorokan & sesak nafas). Namun punya riwayat kontak erat berupa kontak fisik atau di ruangan yang sama atau berkunjung kurang dari 1 meter dengan kasus positif covid-19.

Kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yakni mereka yang memiliki gejala ke arah covid-19 tapi ringan. Dalam kurun waktu 14 hari terakhir sebelum timbul gejala ada riwayat perjalanan atau tinggal di negara atau wilayah dengan transmisi lokal dan ada riwayat kontak dengan kasus positif covid-19.

Orang dengan status ODP biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit tetapi akan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah setidaknya selama 14 hari hingga kondisi membaik.

Kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yakni orang yang demam disertai dengan salah satu gejala batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan-berat, punya riwayat perjalanan/tinggal dinegara/wilayah dengan transmisi lokal dan punya riwayat kontak kasus positif covid-19.

PDP biasanya masuk di ruangan isolasi di rumah sakit, dan diawasi serta diobati untuk memantau perkembangan kesehatannya. Selama dirawat pasien diberi makanan dengan nutrisi yang bergizi, asupan vitamin tambahan, serta diwajibkan melakukan olahraga ringan guna meningkatkan sistem imun tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *