Pemerintah Wajibkan Menggunakan Masker Sesuai Anjuran WHO

Virus Corona menyebabkan gejala ringan atau sedang bagi kebanyakan orang, tetapi bagi sebagian orang, terutama orang tua dan orang dengan masalah kesehatan dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah atau kematian.

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) sempat merekomendasikan agar masker hanya digunakan oleh orang yang sakit. Sedangkan orang sehat tak perlu menggunakan masker. Seiring makin lajunya penyebaran virus covid-19 di dunia, WHO lalu mengubah anjurannya. Berbagai riset yang menunjukkan bahwa penggunaan masker bisa meminimalisasi penyebaran virus corona Covid-19.

Masker medis memang masih langka, namun sebagai alternatif, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker kain dan menggantinya setiap 4 jam sekali. Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa masker bedah dan masker N95 hanya digunakan bagi tenaga kesehatan, pasien dan mereka yang merawat pasien terduga Covid-19.

Bagaimana cara penggunaan masker kain yang efektif?

Jika kita terpaksa beraktivitas di luar rumah, diwajibkan untuk menggunakan masker. Masker kain sebaiknya digunakan tidak lebih dari 4 jam, oleh karena itu perlu diganti setelah pemakaian selama 4 jam. Setiap masker yang habis digunakan sebaiknya langsung direndam dengan detergen dan langsung dicuci. Penggunaan detergen bisa setidaknya bisa mengurangi resiko penyebaran virus corona yang kemungkinan menempel di kain masker. Untuk hasil maksimal, jemur di bawah terik matahari dan setrika jika sudah kering.

Penggunaan masker kain yang bagus (3 lapis) bisa mencegah terjangkit virus covid-19 setidaknya hingga 70%. Selain penggunaan masker, tentunya kita tetap harus menjaga jarak dan rajin mencuci tangan selama beraktivitas di luar rumah.

90% penularan virus covid-19 melalui droplet atau bercak dari bersin dan batuk orang yang tertular virus. Oleh karena itu demi mencegah masuknya virus, sangat disarankan untuk menggunakan masker, baik untuk orang yang sakit maupun yang sehat.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *