ARTICLE SOBAT POLRI

Kisah Kepedulian Aiptu Dwi Harjanta Dan Aiptu Sangidun Di Tengah Pandemi

Selama masa pandemi penyebaran virus covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Kaltim, tentunya kondisi masyarakat banyak yang mengalami perubahan. Aktifitas lebih banyak dilakukan di rumah, sebagian pemerintah daerah melakukan pembatasan akses keluar rumah bagi warganya. Dan bagi warga yang tetap beraktivitas di luar dihimbau melakukan protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker.

Penggunaan masker merupakan salah satu cara yang dianjurkan pemerintah guna menghentikan penyebaran virus corona. Namun sayangnya, masih terdapat sejumlah masyarakat yang kurang memperhatikan imbauan tersebut. Entah karena memang kondisi stok masker yang langka, atau karena malas dan mengabaikan efek penyebaran virus covid-19 yang bisa mematikan.

Padahal selain masker medis, masker kain juga bisa setidaknya mencegah masuknya virus ke dalam tubuh kita. Meski tak seefektif masker medis, setidaknya dengan menggunakan masker kain, kita bisa menghindari penularan virus.

Berikut ini adalah kisah dari Aiptu Dwi Harjanta, Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara yang tergerak untuk menjahit masker sendiri guna dibagikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, sembari memberi himbauan pentingnya penggunaan masker selama pandemi penyebaran virus covid-19.

Aiptu Dwi Harjanta

Lihai Menjahit Aiptu Dwi Harjanta Sulap Kain Seragam Jadi Masker

Aiptu Dwi Harjanta Bhabinkamtibmas Gunung Samarinda Baru, Polsek Balikpapan Utara, selain dikenal sebagai sosok yang dikenal humanis dan dekat dengan warganya beliau juga mahir dalam hal menjahit. Di tengah tugas yang dijalankan dan di tengah situasi Pandemi Covid-19, Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara Aiptu Dwi Harjanta berinisiatif menjahit masker untuk dibagikan secara gratis kepada warga.

Masih mengenakan seragam dinasnya, Aiptu Dwi Harjanta yang sehari-harinya bertugas di Kelurahan Gunung Samarinda baru ini terlihat cukup sibuk menggunting kain yang selaras dengan baju dinas yang dikenakan. Akan tetapi aktifitas yang dilakukan Aiptu Dwi Harjanta ini bukan menjahit baju dinas melainkan menjahit masker dengan mamanfaatkan mesin jahit tua miliknya.

Aiptu Dwi Harjanta sengaja mengenakan seragam dinas lantaran aktifitas tersebut dilakukan saat ada waktu luang di tengah tugas yang dijalaninya, meski begitu, Aiptu Dwi Harjanta mampu menjahit 20 hingga 25 lembar masker. Dengan dibantu istri, Aiptu Dwi Harjanta mencoba membuat masker demi membantu masyarakat Balikpapan dan membangun kesadaran masyarakat agar menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

Menjahit masker yang akan dibagikan secara gratis ini muncul saat wabah pandemi Covid-19 melanda Kota Balikpapan. Kelangkaan masker medis di Balikpapan membuat ia tergerak membuat masker berbahan kain. Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia merasa terpanggil, untuk menjahit masker lantaran masih banyak warga yang beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker.

Masker buatan Aiptu Dwi Harjanta memanfaatkan stok kain lama yang rencananya akan dijahit menjadi baju dinas kepolisian, meski begitu ia memilih kainnya untuk dijadikan masker.

Aiptu Dwi Harjanta membagikan masker buatannya kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan masker (Dok Humas Polresta Balikpapan)

Pembagian masker dilakukannya saat ia sedang bekerja. Pengunjung Polsek Utara yang tidak menggunakan masker menjadi sasaran dari Aiptu Dwi untuk dibagikan masker buatannya. Selain itu pengguna kendaraan yang ada di sekitar Polsek Balikpapan Utara yang tidak menggunakan masker juga menjadi target dari Aiptu Dwi Harjanta.

Sang istri yang juga pintar masak adalah sosok bhayangkari yang selalu ikut membantu memasak di dapur umum TNI-Polri Balikpapan untuk disalurkan kepada keluarga kurang mampu.

Aiptu Sangidun

Aiptu Sangidun adalah sosok anggota polri aktif yang sehari-harinya bertugas di Bidhumas Polda Kaltim sebagai fotografer. Pria kelahiran Sleman 46 tahun yang lalu ini juga menjadi ketua RT 44, Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan.

Sosok Aiptu Sangidun, Ketua RT yang aktif sosialisasi ke masyarakat tentang pencegahan penyebaran virus covid-19 (Dok Humas Polda Kaltim)

Aiptu Sangidun aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di lingkungan rumahnya memimpin pemasangan Maklumat Kapolri tentang pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sebagai ketua RT, dengan inisiatif sendiri, melakukan penyemprotan disinfektan mandiri di lingkungan sekitar rumahnya sambil membagikan maklumat kapolri dan melakukan sosialisasi. Ia menjelaskan dengan melakukan penyampaian langsung dan membagikan maklumat Kapolri ini agar masyarakat memahami apa yang disampaikan melalui maklumat tersebut.

Hal ini ia lakukan guna mencegah peningkatan penyebaran virus covid-19 di wilayah tempat tinggalnya. Warganya dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan berkumpul dalam jumlah banyak, rajin mencuci tangan demi kesehatan kita bersama.

Penyemprotan disinfektan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal Aiptu Sangidun dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus corona. Setidaknya dengan membersihkan lingkungan dan menyemprot dengan disinfektan, bisa mencegah berkembangnya virus di lingkungan tempat tinggalnya.

(Dok Humas Polda Kaltim)

Ia berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh RT lain yang ada di Balikpapan. mengingat perlu peran aktif dari masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan virus covid-19 yang sangat cepat berkembang. Pihak pemerintah daerah juga mengapresiasi yang dilakukan oleh Aiptu Sangidun. Penyemprotan secara mandiri fasum dan lingkungan sekitar rumah diharapkan bisa terus dilakukan, demi meringankan tugas pemerintah dan menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. ***

*** Achmad Faizal, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *