ARTICLE SOBAT POLRI

Ramai Warga Nongkrong di H+1 Lebaran, Brimob Kaltim Gencarkan Patroli Malam

Balikpapan – Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K mengatakan bakal meningkatkan intensitas patroli di sekitar kawasan Kota Balikpapan, untuk mencegah kerumunan warga saat Lebaran.

Sejak beberapa hari terakhir, meski lokasi nongkrong dan wisata Kota Balikapan ditutup, warga tetap nekat berkerumun di jalan-jalan sekitar kawasan Jl. MT. Haryono Kota Balikpapan pada malam hari.

“Mulai hari H Lebaran kami mulai dari jam tujuh malam sampai jam lima dinihari, kami tingkatkan intensitas patroli. Dari pagi sebenarnya udah. Tapi malam sampai dinihari kami tingkatkan intensitasnya,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang, Selasa (26/5).

John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan patroli dilakukan karena masih banyak warga dan pedagang kaki lima (PKL) yang nekat berkerumun tanpa mengindahkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak fisik maupun mengenakan masker.

“Kalau Lebaran, tahun baru, memang kan Kota Balikpapan terutama Jl. MT Haryono ini ramai, makanya kita patroli terus, sejak malam takbiran,” ujarnya.

Menurutnya, dari beberapa kali patroli kerumunan warga dan PKL masih ditemui di sekitar Jalan MT. Haryono, Jalan Jend. Sudirman dan Jalan Marsma Iswahyudi, sekitar kawasan Kota Balikpapan.

Berdasarkan pantauan tim Humas Brimob Kaltim, Selasa (26/5) pagi, belum terlihat adanya kerumunan warga di tiga lokasi tersebut. Namun, beberapa pedagang makanan dan minuman memang terlihat di pinggir Jalan MT. Haryono dan Jalan Jend. Sudirman.

Motor patroli dan personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltimpun beberapa kali terlihat berkeliling di sekitar kawasan Kota Balikpapan. Beberapa kali, warga yang berkerumun diminta untuk kembali kerumah masing-masing.

Sebelumnya, sekitar kawasan Jl. MT Haryono Balikpapan Selatan dipadati masyarakat dalam dua hari ini. Adapun yang nongkrong mayoritas merupakan muda-mudi yang datang untuk menghabiskan waktu bersama.

Di tempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya S.I.K., M.H., menghimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu jika tidak ada keperluan yang mendesak agar sebaiknya di rumah saja mengingat pandemi virus covid-19 belum berlalu.

Humas Polda Kaltim

Artikel ini telah tayang di: http://poldakaltim.com/index.php/2020/05/26/ramai-warga-nongkrong-di-h1-lebaran-brimob-kaltim-gencarkan-patroli-malam/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *