ARTICLE INI BALIKPAPAN

Lima Sembuh Dan Tambah Sembilan Kasus Covid-19 Di Balikpapan Hari Ini

Hari ini (6/6), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan mengonfirmasi lima pasien sembuh dan sembilan orang terkonfirmasi positif.

Dari sembilan pasien positif, lima di antaranya berasal dari KTP luar Balikpapan yang terlacak saat melakukan skrining di Balikpapan untuk bekerja di lokasi yang berada di luar Balikpapan. Mereka adalah BPN 76, BPN 78, BPN 79, BPN 80, dan BPN 81.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, maka data BPN 81 dimasukkan dalam data kasus Kukar, karena yang bersangkutan bekerja di Kukar. Dan kode pasien BPN 81 dinyatakan gugur.

Tren penambahan pasien positif di Balikpapan ini disebabkan posisi Balikpapan sebagai kota transit dan pintu gerbang Kalimantan Timur, kemudian semakin lengkapnya fasilitas kesehatan untuk skrining Covid-19 dengan PCR dan TCM sehingga banyak warga luar yang melakukan pemeriksaan di Balikpapan.

Apabila warga kabupaten/kota di Kaltim selain Balikpapan yang terkonfirmasi positif di Balikpapan dan tinggal di Balikpapan kurang dari dua minggu maka Dinas Kesehatan Balikpapan akan mengusulkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim agar data angka pasien tersebut dimasukkan ke data daerah asal.

Berikut keterangan pasien yang terkonfirmasi positif hari ini dari lab PCR RSPB:

BPN 73, IRT usia 52 tahun, KTP Balikpapan, riwayat kontak erat dengan BPN 56 (transmisi lokal).

BPN 74, laki-laki usia 51 tahun, KTP Balikpapan, riwayat memiliki penyakit penyerta sakit jantung.

BPN 75, laki-laki uisa 26 tahun, KTP Balikpapan, karyawan migas dengan riwayat skrining perusahaan untuk mulai bekerja.

BPN 76, laki-laki 25 tahun karyawan migas, KTP Malang, 2 minggu terakhir di Balikpapan dengan riwayat skrining untuk mulai bekerja.

BPN 77, laki-laki usia 32 tahun karyawan alat berat migas, KTP Balikpapan tiba di Balikpapan dengan riwayat skrining perusahaan untuk mulai bekerja.

BPN 78, laki-laki usia 48 tahun karyawan tambang , KTP Makasar, tiba di Balikpapan 1 Juni untuk kembali bekerja di lokasi Kutai Timur.

BPN 79, laki-laki- usia 33 tahun karyawan swasta, KTP Makasar, tiba di Balikpapan 1 Juni memiliki riwayat sama dengan BPN 78.

BPN 80, laki-laki usia 20 tahun karyawan tambang, KTP Malang, tiba di Balikpapan 31 Mei, untuk kembali bekerja di lokasi tambang.

BPN 81, laki-laki usia 34 tahun karyawan migas, KTP Bali, akan keluar lokasi di Kukar untuk kembali ke daerah asal.

Sementara itu, lima pasien yang sembuh setelah mendapatkan hasil negatif dua kali berturut-turut yakni, BPN 37, BPN 54, BPN 55, BPN 59, dan BPN 60.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *