ARTICLE INI BALIKPAPAN

Transmisi Lokal Lagi Di Balikpapan

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan tidak hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol pencegahan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkumpul.

Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19 melalui transmisi lokal. Sebab, kasus transmisi lokal kembali terungkap di Kota Balikpapan. Terbaru, tiga kasus terkonfirmasi positif diduga ditularkan dari BPN 62.

Mereka adalah BPN 81 laki-laki usia 63 tahun, BPN 82 laki-laki usia 43 tahun,dan BPN 83 laki-laki usia 62 tahun. Ketiganya memiliki hubungan keluarga dengan pasien BPN 62.

Secara kronologis, pasien kode BPN 62 laki-laki usia 39 tahun memiliki riwayat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah dirawat sejak 21 Mei 2020 dengan keluhan batuk, pilek, dan sesak napas. BPN 62 terkonfirmasi positif dari pemeriksaan swab laboratorium PCR RSUD AW Sjahranie.

Dari kasus tersebut, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melakukan tracking kepada seluruh riwayat kontak erat. Dari enam orang di lingkungan kerja BPN 62 terkonfirmasi negatif seluruhnya.

Namun riwayat kontak pada keluarga sebanyak 17 orang. Dari jumlah tersebut tiga di antaranya (BPN 81, BPN 82, dan BPN 83) telah menjalani pemeriksaan swab dan terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan sisanya masih menunggu hasil pemeriksaan swab.

Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam jumpa pers, Selasa (9/6), juga menginformasikan bahwa Dinas Kesehatan Kota Balikpapan telah menerima bantuan alat rapid test sebanyak 3.000 buah dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Saat ini juga Pemerintah Kota Balikpapan sedang mempersiapkan pengadaan thermogun sebagai salah satu perlengkapan guna penerapan protokol pencegahan di tempat umum untuk mendukung fase relaksasi menuju normal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *