ARTICLE INI BALIKPAPAN

1 Sembuh Dan Masuk 9 Kasus Baru Positiv Covid-19 Di Balikpapan

Perkembangan penanggulangan Covid-19 hari ini (23/6) terjadi penambahan sembilan kasus positif covid-19 dan satu pasien sembuh di Balikpapan.

Satu pasien sembuh setelah mendapatkan hasil swab negatif dua kali berturut-turut. Yakni BPN 94 riwayat OTG saat swab untuk syarat penerbangan dan dirawat sejak 12 Juni 2020.

Balikpapan Siapkan Swab Test Massal
Masyarakat Diingatkan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan merencanakan melakukan swab test massal di kota Balikpapan. Uji untuk mendiagnosa infeksi SARS-CoV-2 tersebut akan dilakukan kepada kelompok masyarakat yang rentan tertular ataupun menjadi pembawa virus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, untuk persiapan swab test massal itu pihaknya telah mengajukan bantuan kepada Pemerintah Provinsi sebanyak 3.000 Viral Transport Medium (VTM). Alat ini digunakan menyimpan sampel swab untuk dibawa ke laboratorium PCR/TCM.

Menurut Andy, swab test massal ini utamanya akan digelar di pintu masuk kota Balikpapan, seperti pelabuhan dan bandara. Sebab, dari evaluasi pihaknya, ada beberapa penumpang yang tiba di Pelabuhan Semayang tidak membawa hasil rapid test dua kali maupun swab test karena layanan tersebut tidak tersedia di daerah asalnya.

Sambil menunggu persiapan swab test massal, dalam waktu dekat Gugus Tugas akan melakukan penertiban di bandara dan pelabuhan dengan menahan pekerja non-KTP Kaltim yang tiba dengan tidak membawa hasil swab test negatif agar tidak keluar bandara, sampai perwakilan perusahaan datang untuk menyelesaikan kewajiban swab test.

Di samping itu, untuk mencegah penularan Covid-19 juga, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud saat konferensi pers di Kantor Wali Kota meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari diri sendiri, lingkungan rumah, lingkungan kerja, hingga berbagai aktivitas lainnya.

Imbauan ini mengingat kembali bertambahnya kasus positif di Balikpapan hingga hari ini (23/6). Sehingga kesadaran diri dan disiplin masyarakat sangat diperlukan agar jumlah kasus Covid-19 bisa ditekan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *