ARTICLE INI BALIKPAPAN

Swab Test Massal Akan Digelar di Pasar Pandansari

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan akan melaksanakan swab test massal di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat, pada Selasa (30/6) mendatang.

Upaya mendiagnosa penularan Covid-19 ini dilakukan sebagai tindak lanjut setelah ditemukannya satu kasus positif dengan pasien kode BPN 135, yang merupakan pedagang Pasar Pandansari.

Pasien laki-laki 54 tahun tersebut memiliki riwayat masuk rumah sakit dengan penyakit komorbid atau penyakit penyerta, lalu dilakukan swab test sebagai protokol sebelum dilakukan tindakan dan didapat hasil positif pada 22 Juni 2020 dari hasil Lab TCM RSKD. BPN 135 kemudian meninggal tanggal 25 Juni 2020 pukul 14.45 Wita dan telah dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, untuk persiapan swab test massal ini pihaknya telah menyiapkan 500 alat swab. Kegiatan akan dimulai di Pasar Pandansari pada pukul 09.00-13.00 Wita.

Untuk mendukung kegiatan ini, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memohon kepada para pedagang untuk dapat bekerja sama dengan mengikuti swab test massal.

Di samping itu, hari ini (26) juga terdapat penambahan enam pasien positif dan tiga pasien dinyatakan sembuh. Rizal Effendi mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *