ARTICLE INI BALIKPAPAN

Enam Sembuh Dan 5 Positif Covid-19 Di Balikpapan

Enam pasien Covid-19 di Balikpapan telah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil swab test negatif dua kali berturut-turut. Kepulangan mereka dari rumah sakit dilepas oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Kantor Wali Kota, Minggu (28/6).

BPN 106, salah satu pasien yang pulang, menyampaikan bahwa Covid-19 itu ada dan nyata. Penyakit tersebut tidak mengenal status sosial masyarakat. Dengan demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Ini bukan aib dan dapat menimpa siapa saja. Kita juga harus jujur mengungkap dengan siapa saja kita berkomunikasi selama dua minggu terakhir, sehingga dapat membantu pemerintah membasmi Covid-19 di Balikpapan,” ungkap BPN 106 yang telah menjalani 12 hari perawatan di RS Siloam.

Pesan penting juga disampaikan pasien BPN 122, yang telah dirawat di RSKD selama delapan hari. Ia mengatakan dirinya merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang terdeteksi terjangkit Covid-19. Ia tidak memiliki gangguan seperti batuk, pilek, atau sesak napas. Meskipun tampak sehat, namun dirinya bisa membahayakan orang lain.

“Dengan tanpa gejala, sebenarnya orang yang terjangkit Covid-19 tetap bisa berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya. Mereka juga bisa menularkan ke imun yang lebih rendah. Karena itu masyarakat menjaga benar protokol kesehatan dan physical distancing,” katanya.

Selain kesembuhan enam pasien itu, pada hari ini (28/6) juga terjadi penambahan lima pasien positif. Semua pasien tersebut berasal dari OTG dan hasil tracing dari pekerja yang bekerja di bidang migas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, dari analisis data yang dilakukan pihaknya hingga hari ini, jumlah kasus positif dari OTG yang berasal dari pekerja migas, pekerja pertambangan, dan yang berkaitan sudah mencapai 92 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *