ARTICLE SOBAT POLRI

Perayaan HUT Bhayangkara Di Masa Pandemi Covid-19

Upacara Hut Bhayangkara Ke-74 Di Polda Kaltim (Dok. Humas Polda Kaltim)

1 Juli merupakan Hari Ulang Tahun Bhayangkara. Di tahun 2020 ini Bhayangkara memasuki usia 74 tahun. Ada yang berbeda diperayaan hari bersejarah bagi Kepolisian pada tahun ini. Indonesia masih berada dalam fase masa pandemi penularan virus covid-19. Tentunya semarak hut Bhayangkara tidak bisa digelar secara ramai dan mengumpulkan massa seperti layaknya perayaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur menggelar upacara Hari Bhayangkara ke-74. Kali ini, upacara digelar secara virtual (Online) dan menerapkan protocol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, upacara juga tidak digelar di lapangan, melainkan di Gedung Mahakam Polda Kaltim.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H., didampingi Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Drs. Edhy Moestofa, M.H., dan diikuti para pejabat utama Polda Kaltim dihadiri juga oleh Gubernur serta unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur.

Amanat Presiden Di HUT Bhayangkara Ke-74

Dalam amanat Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo, Beliau berpesan kepada seluruh personil Polri, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar Polri semakin dipercaya dan dicintai oleh Rakyat. Presiden Joko Widodo juga berpesan kepada Polri untuk terus membantu percepatan penanganan virus corona (Covid-19) dan Polri diharapkan menjalin sinergi dengan penegak Hukum lain.

Selama masa pandemi masih berlangsung, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres, dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan damai.

Kehadiran Polisi di tengah masyarakat, di tempat umum selama masa pandemi bukan untuk menakut-nakuti. Akan tetapi lebih kepada pengawasan terhadap aturan yang diberlakukan di setiap daerah selama masa pandemi virus covid-19. Sanksi tegas bisa saja dilakukan jika teguran dan himbauan tidak diindahkan oleh masyarakat. Tentunya lebih mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat.

Polri Berbagi Selama Pandemi

Beragam kegiatan dilakukan oleh kepolisian dalam rangka memperingati Hut Bhayangkara ke-74. Sebagian besar kegiatan adalah saling berbagi dengan masyarakat yang terdampak pandemi.

Berbagi Sembako Dalam Rangka Hut Bhayangkara Ke-74 (Dok. Humas Polda Kaltim)

Polresta Balikpapan tidak hentinya berbagi dengan masyarakat. Dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-74, Paketan sembako diluncurkan untuk dibagi kepada masyarakat yang membutuhkan langsung secara door to door. Selain membagikan sembako, tentunya dimanfaatkan untuk sosialisasi juga diikuti dengan imbauan mengenai langkah-langkah pencegahan Covid-19. Antara lain menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menghindari kerumunan serta jaga jarak.

Dok Humas Polda Kaltim

Di wilayah Bontang, Polres Bontang melakukan serangkaian kegiatan bakti sosial, donor darah, kerja bakti, dan dapur umum selama masa pandemi berlangsung. Dalam rangka HUT Bhayangkara dilakukan bagi-bagi face shield dan masker kepada petugas di PMI Bontang. Pembagian masker dan face shield kepada petugas PMI dalam rangka membantu petugas PMI memutus mata rantai penyebaran covid-19. Penggunaan masker saat ini direkomendasikan oleh WHO tidak hanya bagi yang sakit. Yang sehat pun wajib menggunakan masker guna memutus mata rantai penularan virus corona.

Bagi masyarakat yang lahir di tanggal 1 Juli, seluruh polres dan polresta di wilayah hukum Polda Kaltim juga memberikan SIM Gratis bagi yang memperpanjang atau membuat baru. Selain SIM, SKCK juga digratiskan.

Panti Asuhan dan Panti Jompo juga tak luput dari sasaran bantuan yang dilakukan oleh aparat kepolisian jelang HUT Bhayangkara ke-74. Peduli dan berbagi kebahagiaan merupakan salah satu program kepolisian setiap tahunnya guna memperingati HUT Bhayangkara. Para anak yatim tentunya diharapkan bisa ikut merasakan kebahagiaan di hari yang berbahagia bagi insitusi polri.

Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif

Tema peringatan HUT Bhayangkara tahun ini ialah Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. Polri merupakan bagian integral dari pemerintah yang bertugas untuk penegakan hukum, menjaga keamanan dalam negeri serta melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Di masa pandemi ini tentunya juga rawan akan masalah keamanan. Sedikit saja ada provokator, bisa dengan cepat membakar rasa aman dari masyarakat. Untuk itu Polri diharapkan bisa membaur dengan masyarakat, bersama-sama masyarakat menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga masyarakat terus bisa produktif. Meski sebagian dari masyarakat melakukan aktivitasnya dari rumah.

Jika polisi sudah diterima kehadirannya di tengah-tengah masyarakat, tentunya program-program yang dilakukan pihak kepolisian akan mudah terlaksana. Rasa takut masyarakat akan insitusi kepolisian tentunya akan berganti dengan rasa percaya dan saling menjaga.

Dirgahayu Bhayangkara Ke-74. ***

*** Achmad Faizal, S.Hum, Pegiat Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *