ARTICLE INI BALIKPAPAN

Empat Pasien Terkonfirmasi Sembuh

Kesembuhan pasien Covid-19 kembali bertambah. Hari ini (8/7) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan mengonfirmasi empat pasien sembuh setelah mendapatkan hasil swab test negatif dua kali berturut-turut.

Dari keempat pasien sembuh dua di antaranya dirawat di RS Kanujoso Djatiwibowo, sedangkan dua lainnya di RS Pertamina Balikpapan. Mereka yang telah sembuh menjalani perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu 10-15 hari.

Sementara, pada hari ini juga terdapat penambahan tiga pasien positif. Dua di antaranya merupakan tracing dari kasus pasien positif sebelumnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan pihaknya masih berkoordinasi terkait terbitnya Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antibodi yang menyebutkan batas tertinggi pemeriksaan rapid test antibodi adalah Rp 150.000.

Dari koordinasi sementara melalui Dinas Kesehatan dengan fasilitas kesehatan baik rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, dan klinik yang ada di Balikpapan, harga alat rapid test yang telah diadakan oleh masing-masing fasilitas kesehatan berada di atas angka Rp 150 ribu. Dan alat tersebut telah dipesan jauh hari sebelum Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan terbit. Hal itu dibuktikan melalui surat pemesanan alat tersebut kepada distributor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, tim Dinas Kesehatan juga telah mengecek langsung kepada distributor alat kesehatan di Balikpapan, akan tetapi tidak didapatkan alat rapid test yang dijual dengan harga di bawah Rp 150 ribu.

Dari informasi yang didapatkan, Kemenkes tengah melakukan penelitian pembuatan rapid testdari dalam negeri dengan nama RI-GHA Covid-19 yang harga jualnya Rp 75 ribu. Namun sampai saat ini alat rapid test tersebut belum ada di pasaran, dan diperkirakan baru bisa didapatkan pada Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *