ARTICLE INI BALIKPAPAN

Diharapkan Segera Keluar Zona Merah

Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan masih menjadi perhatian Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Dalam jumpa pers di lobi Kantor Wali Kota, Jumat (10/6), ia menyampaikan kedisiplinan masyarakat sangat menentukan agar Balikpapan segera lepas dari zona merah.

Ia mengatakan, penerapan protokol kesehatan baik dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker, harus menjadi kesadaran masyarakat masing-masing. Karena manfaat dari penerapan protokol kesehatan ini ditujukan bagi masyarakat sendiri. Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu peraturan seperti perwali atau peraturan daerah baru melakukan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan seperti yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Balikpapan masih berada dalam zona merah karena memiliki kasus positif Covid-19 di atas 50 orang. Sampai Jumat (10/6), jumlah kasus positif Covid-19 di Balikpapan sebanyak 65 orang yang dirawat. Ia juga mengajak masyarakat agar sama-sama mencegah penambahan kasus Covid-19.

Pada hari ini (10/6), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan mengonfirmasi tujuh kasus terkonfirmasi sembuh atau telah mendapatkan hasil swab test negatif dua kali berturut-turut. Sedangkan kasus positif bertambah tujuh orang.

Sementara itu, terkait pelaksanaan kurban Iduladha, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan panduan baik penjualan dan penyembelihan hewan kurban melalui Surat Edaran Nomor 715 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah Dalam Situasi Wabah Bencana NonAlam Covid-19. Sedangkan untuk pelaksanaan Salat Iduladha, Pemerintah Kota Balikpapan masih menunggu imbauan dari Kementerian Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *