ARTICLE INI BALIKPAPAN

Transmisi Lokal Pada Keluarga Kembali Ditemukan

Pentingnya protokol kesehatan untuk diterapkan di lingkungan keluarga kembali diingatkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan. Sebab, dari delapan kasus terkonfirmasi positif hari ini (11/7), tiga di antaranya memiliki hubungan keluarga.

Mereka adalah BPN 254, BPN 255, dan BPN 266. Ketiganya merupakan hasil tracing kontak erat dari BPN 218 yang merupakan karyawan bidang migas. Laki-laki 41 tahun tersebut terkonfirmasi positif pada 5 Juli 2020.

Ia juga merupakan tracing kontak erat dengan pasien sebelumnya dengan kode BPN 145 yang juga merupakan karyawan bidang migas. BPN 218 kemudian dinyatakan sembuh atau telah mendapatkan hasil swab test negatif dua kali berturut-turut pada hari ini (11/7).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, tracing riwayat kontak dilakukan pada setiap kasus positif tidak hanya dilakukan di lingkungan pekerjaan, tetapi juga di lingkungan keluarga. Dari tiga kasus yang terkonfirmasi hari ini menunjukkan pentingnya kedisplinan menerapkan protokol kesehatan dalam keluarga. Sebelumnya, transmisi lokal pada keluarga ditemukan pada kasus klaster keluarga di Kampung Baru.

Selain delapan kasus positif, pada hari ini juga, Gugus Tugas Covid-19 mengonfirmasi sembilan kasus sembuh atau telah dua kali mendapatkan hasil swab test negatif berturut-turut sebanyak sembilan orang.

Sementara itu, terkait pelaksanaan rapid test massal yang digelar hari ini (11/7) di 27 puskesmas, Gugus Tugas masih menunggu hasil rekapitulasi dari seluruh puskesmas. Karena pelaksanaan rapid test di beberapa puskesmas ada yang berlangsung sampai pukul 13.00 Wita. Hasil rapid test rencananya diinformasikan besok (12/7).

Sebagaimana diketahui, rapid test massal kali ini ditujukan bagi pekerja pariwisata, pekerja pengelola gedung, pekerja perhotelan, pekerja sarana dan kegaiatan olahraga, pekerja jasa perawatan kecantikan, spa, refleksi dan sejenis. Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menyediakan sebanyak 1.360 alat untuk kegiatan rapid test massal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *