ARTICLE INI BALIKPAPAN

Hari Ini Enam Pasien Kembali Sembuh

Pemerintah Kota Balikpapan merespons instruksi Presiden RI Joko Widodo yang meminta agar pemerintah daerah menerapkan sanksi tegas kepada pelanggar protokol kesehatan. Hal itu sebagai sorotan atas rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pada rapat terbatas kabinet di Jakarta, Senin (13/7).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, saat ini pihaknya sangat hati-hati dalam merumuskan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Seperti bagi orang yang tidak memakai masker di kawasan wajib masker.

Rizal melanjutkan, sanksi yang diterapkan di kota Balikpapan nantinya diharapkan tidak menjadi polemik. Akan tetapi sanksi yang diterapkan akan lebih ditujukan untuk membangun kesadaran pentingnya protokol kesehatan bagi pelanggar dan masyarakat lainnya.

Dengan adanya instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah Kota juga masih menanti apakah ada petunjuk lain untuk pelaksanaan sanksi dari Pemerintah Pusat.

Kemudian, terkait pelaksanaan Salat Iduladha, di mana Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 tentang Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020. Rizal Effendi mengatakan, meski pelaksanaan Salat Iduladha dibolehkan di lapangan/masjid/ruangan, ia mengingatkan kepada masjid/panitia atau penyelenggara untuk bertanggung jawab dalam menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan Salat Iduladha nanti.

Pemerintah Kota Balikpapan juga telah menerbitkan petunjuk melalui Surat Edaran Nomor 440/0408/Pem tentang Penyelenggaraan Salat Iduladha 1441 H/2020 M Pada Masa New Normal Menuju Masyarakat Produktif dan Aman dari Covid-19.

Sementara itu, dalam jumpa pers di Kantor Wali Kota, hari ini (14/7), Gugus Tugas Covid-19 melaporkan tiga kasus terkonfirmasi positif, enam pasien sembuh atau telah dua kali mendapatkan hasil swab test negatif berturut-turut 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *