ARTICLE INI BALIKPAPAN

Gugus Tugas Lakukan Persiapan Implementasi Kepmenkes 413/2020

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan tengah melakukan persiapan untuk mengimplementasikan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease Covid-19.

Dalam Kepmenkes tersebut diatur penggunaan istilah baru dalam operasional kasus Covid-19, yakni Suspek, Probable, Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku Perjalanan, Discarded, Selesai Isolasi, dan Kematian. Sehingga tidak lagi menggunakan istilah sebelumnya yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, saat ini pihaknya terus mempelajari Permenkes tersebut untuk dapat dilaksanakan secara menyeluruh di berbagai tingkatan.

Selain penggunaan istilah baru, ada perubahan cukup besar dalam penanangan pasien Covid-19. Dalam Kepmenkes tersebut mengatur yang hanya dirawat di rumah sakit adalah pasien dengan kondisi berat yang dinilai oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP).

Sedangkan kasus suspek dan tanpa gejala diarahkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Namun akan diatur apakah pasien tersebut boleh melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama atau melakukan isolasi mandiri di wisma/rumah isolasi yang telah disediakan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, saat ini Gugus Tugas tengah melakukan koordinasi dengan seluruh fasilitas kesehatan di Balikpapan terkait persiapan penerapan Kepmenkes tersebut.

Selain itu, untuk menghindari kekeliruan dalam pemahaman Permenkes, pihaknya akan mengikuti sosialisasi langsung dari Kementerian Kesehatan yang akan dilakukan khusus wilayah Kaltim pada 20 Juli 2020 mendatang.

Dalam jumpa pers di Kantor Wali Kota, hari ini (15/7), Gugus Tugas juga melaporkan enam kasus terkonfirmasi positif dan empat kasus terkonfirmasi negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *