ARTICLE INI BALIKPAPAN

Terima Usulan Rapid Test Massal untuk Ketua RT

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan akan kembali melakukan rapid test massal bagi masyarakat. Namun kelompok masyarakat yang akan menjadi sasaran skrining awal penularan Covid-19 masih dalam pembahasan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pihaknya kembali menerima usulan rapid test massal. Sasaran skrining tersebut diusulkan kepada seluruh ketua RT di Kota Balikpapan.

Kelompok masyarakat ini perlu mengikuti rapid test karena sehari-hari berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam membantu memberikan pelayanan administrasi pemerintah dan memelihara kehidupan warga.

Menurut Andi Sri Juliarty, perlu dilakukan penyaringan kembali data peserta rapid test massal bagi ketua RT. Sebab sebagian ketua RT juga terdata sebagai petugas Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) yang turut diusulkan untuk mengikuti rapid test massal.

Sebelumnya, Gugus Tugas menerima usulan rapid test massal dari Bawaslu untuk petugas mereka di tingkat kecamatan hingga kelurahan. Selain itu, usulan rapid test massal tahap kedua bagi pekerja hotel.

Saat ini stok alat rapid test yang ada di Gugus Tugas Balikpapan sebanyak 1.800 alat dan tengah dilakukan pengadaan untuk tambahan alat rapid test.

Saat jumpa pers di Kantor Wali Kota, hari ini (19/7), Gugus Tugas menyampaikan terdapat sembilan kasus terkonfirmasi positif. Empat di antaranya merupakan klaster keluarga dari tracing pasien positif sebelumnya. Pada hari ini juga terdapat satu pasien yang terkonfirmasi negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *