ARTICLE INI BALIKPAPAN

Didominasi Klaster Tanjung Aju Kukar

19 Kasus Positif di Balikpapan, Dari Penambahan 71 Kasus Se-Kaltim

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan hari ini (21/7) melaporkan 19 kasus terkonfirmasi positif, empat kasus yang mendapat hasil negatif dua kali berturut-turut, dan tiga kasus meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dari 19 kasus positif tersebut, 17 berasal dari klaster Tanjung Aju, transmisi lokal pada perusahan migas yang berlokasi di Kutai Kartanegara.

Dari pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kukar, terdapat 17 orang ber-KTP Balikpapan. Berdasarkan hasil koordinasi, ketujuh belas orang tersebut yang merupakan pekerja telah dipindahkan untuk dirawat di RS Pertamina Balikpapan, yang merupakan fasilitas kesehatan kerja sama perusahaan.

Sementara dua kasus lainnya berasal dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Kanujoso Djatiwibowo (RSKD). Kemudian pada hari ini terdapat tiga kasus meninggal, di mana satu di antaranya merupakan pasien positif dengan kode BPN 305. Sedangkan dua lainnya merupakan PDP dengan komorbid yang masing-masing dirawat di RS Hermina dan RS Siloam.

Dalam jumpa pers di Kantor Wali Kota Balikpapan hari ini, Andi Sri Juliarty juga menyampaikan perkembangan swab test massal di Pasar Muara Rapak yang dilaksanakan pagi tadi.

Dari 253 pedagang yang menjadi target, swab test telah diikuti 109 pedagang. Gugus Tugas masih memberikan kesempatan kepada para pedagang yang belum mengikuti swab test agar bisa datang ke Labkesda Kota Balikpapan untuk dilakukan pengambilan spesimen.

Wakil Ketua Gugus Tugas Balikpapan sekaligus Dandim 0905 Balikpapan I Gusti Putu Agung Sujarnawa juga memohon kerja sama kepada para pedagang untuk bisa mengikuti swab test. Uji tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang agar terbebas dari Covid-19.

Sebelum jumpa pers, Gugus Tugas Balikpapan menerima bantuan sebanyak 26 paket sembako dari Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Samarinda, yang secara simbolis diserahkan oleh Muhammad Harbiyan Acikdin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *