ARTICLE INI BALIKPAPAN

Gugus Tugas Akan Perbanyak Swab Test kepada Masyarakat

Mencermati peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi se-Kaltim, masyarakat kota Balikpapan dianjurkan tetap mendisiplinkan diri dalam penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya, dua daerah yakni Kutai Kartanegara dan Samarinda berstatus zona kuning. Namun kemudian berangsur menjadi merah. Begitu pun Balikpapan masih berstatus zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dalam mengantisipasi gelombang kedua Covid-19 pihaknya akan memperbanyak swab test kepada masyarakat.

Sejauh ini, jumlah orang yang telah menjalani swab test di kota Balikpapan sebanyak 1.676. Karena itu, swab test sebagai diagnosa infeksi Covid-19 akan terus diperluas sebagai pelacakan kasus.

Selain itu, jumlah laboratorium di kota Balikpapan yang dapat melakukan pemeriksaan spesimen kembali bertambah menjadi. Terbaru Laboratorium Tirta sudah menyiapkan laboratorium PCR dan mendapatkan registrasi dari Kementerian Kesehatan.

Saat ini, fasilitas pemeriksaan spesimen di Balikpapan terdapat di laboratorium PCR RSPB, dan laboratorium TCM-PCR milik RS Kanujoso Djatiwibowo. Serta laboratorium PCR milik RST dr Hardjanto yang masih dalam progres.

Pada jumpa pers di Kantor Wali Kota hari ini (22/7), Gugus Tugas Balikpapan melaporkan sebelas kasus terkonfirmasi negatif dua kali dan sembilan terkonfirmasi positif.

Pada kesempatan yang sama, Gugus Tugas Balikpapan menerima bantuan dari PT Kawan Lama Sejahtera – Ace Hardware Balikpapan dalam rangka ulang tahun ke-25 berupa 2.000 masker dan 25 liter hand sanitizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *