ARTICLE INI BALIKPAPAN

27 Kasus Terkonfirmasi Positif

Besok, Swab Test Massal Kembali Dilaksanakan di Pasar Muara Rapak

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan hari ini (29/7) melaporkan tambahan 27 kasus terkonfirmasi positif dan 15 kasus sembuh. Dari 27 kasus positif, sebanyak 18 antaranya merupakan hasil dari swab test massal pedagang Pasar Muara Rapak yang digelar pada Selasa, 21 Juli 2020.

Ketua Gugus Tugas Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, 18 hasil tersebut merupakan sebagian hasil yang diterima pihaknya dari 109 orang yang mengikuti swab test massal di Pasar Muara Rapak.

Atas temuan tersebut, Gugus Tugas Balikpapan segera menjemput ke-18 orang tersebut untuk pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit dan menjalani perawatan. Selain itu, Gugus Tugas juga akan kembali melaksanakan swab test massal di Pasar Muara Rapak besok pagi.

Sebab, dari analisis pihaknya, temuan kasus terjadi tidak hanya terjadi kepada para pedagang. Tetapi juga telah meluas ke area perkantoran hingga ke sekolah yang berada di dekat Pasar Muara Rapak. Ia pun berharap para pedagang, pekerja di area perkantoran dan masyarakat lainnya dapat bekerja sama dengan mengikuti uji untuk mendeteksi penularan Covid-19 tersebut.

Setelah swab test massal besok, Gugus Tugas akan menutup kembali Pasar Muara Rapak selama tiga hari, terhitung mulai Jumat (31/7). Wali Kota Rizal Effendi juga meminta kepada masyarakat di sekitar Muara Rapak untuk benar benar menerapkan proktol kesehatan jika melakukan pelaksanaan Salat Iduladha, mengingat perkembangan dan situasi yang terjadi di sekitar kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyatakan, pihaknya masih menunggu sebagian hasil dari swab test massal pertama pedagang Pasar Muara Rapak yang masih diperiksa di Labkesprov Kaltim di Samarinda.

Ia mengakui saat ini terjadi antrean sangat banyak pemeriksaan spesimen di Labkesprov Kaltim, karena fasilitas laboratorium tersebut melayani pemeriksaan spesimen dari beberapa daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *