ARTICLE INI BALIKPAPAN

26 Terkonfirmasi Positif dan 7 Meninggal Dunia

Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota balikpapan hari ini (2/8) melaporkan pertambahan 26 kasus terkonfirmasi positif, 3 sembuh, dan 7 meninggal dunia.

Ketua Gugus Tugas Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebab, pertambahan jumlah orang yang terkonfirmasi positif beberapa hari terakhir relatif banyak. Selain merupakan hasil tracing beberapa kasus sebelumnya seperti perusahaan migas, juga terdapat guru. Kemudian banyak suspek dengan keluhan batu, demam, dan sesak napas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, masyarakat apabila mengalami sakit sesak napas dan batuk untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau layanan kesehatan lainnya.

Ia juga menginformasikan bahwa pihaknya tengah menyusun alur bagaimana orang terkonfirmasi positif dapat melakukan isolasi mandiri di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan.

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, orang terkonfirmasi positif dan dengan yang memiliki sakit ringan dapat menjalani isolasi mandiri atau tidak dirawat di rumah sakit.

Nantinya ada beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota dalam memverifikasi orang yang akan melakukan isolasi mandiri. Pertama, apabila orang tersebut merupakan pekerja perusahaan maka akan diarahkan terlebih dahulu melakukan isolasi di fasilitas yang disediakan perusahaan.

Kemudian, apabila perusahaan tidak dapat memfasilitasi, maka tim akan melakukan pengecekan terlebih dahulu ke rumah yang bersangkutan untuk memastikan terpenuhi atau tidak syarat isolasi mandiri.

Kemudian sebelum masuk ke Asrama Haji, maka perlu dilakukan pemeriksaan awal di poli untuk mendapatkan rontgen paru terakhir.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CDYnEaxhwOM/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *