ARTICLE INI BALIKPAPAN

Gugus Tugas Pastikan Prosedur Ketat Isolasi Mandiri di Asrama Haji

Kamis, Rapid Test Massal di Pasar Sepinggan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memastikan prosedur bagi orang terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji akan berlangsung ketat.

Hal ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan warga tentang keamanan dalam pelaksanaan isolasi mandiri tersebut. Menurut Rizal Effendi sejak awal masuk lokasi isolasi mandiri, orang terkonfirmasi akan mendapat pemantauan dari petugas.

Selain itu, orang yang menjalani isolasi mandiri dipastikan tidak akan bebas atau dapat keluar masuk kompleks Asrama Haji hingga masa isolasi berakhir. Begitu juga dengan orang luar atau keluarga tidak bisa membesuk orang yang menjalani isolasi mandiri karena terdapat penjagaan.

Masih dijelaskan Wali Kota Rizal Effendi, pemanfaatan Asrama Haji sebagai lokasi isolasi mandiri merupakan inisiatif dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk memudahkan orang terkonfirmasi positif tanpa gejala dan dengan sakit ringan untuk menjalani isolasi mandiri yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Dengan area yang luas dan memiliki jarak cukup jauh dari permukiman padat, Asrama Haji dinilai sangat mendukung untuk menjadi lokasi isolasi mandiri.

Karena jika isolasi mandiri dilakukan di rumah warga terkonfirmasi, yang masih terdapat keluarga seperti orang tua atau anak kecil maka akan rentan terjadi penularan.

Kemudian pemanfaatan Asrama Haji ini telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Dan langkah ini juga telah dilakukan di kota lain seperti Jakarta dan Surabaya yang memiliki Asrama Haji.

Sampai hari ini, Asrama Haji masih dalam tahap sterilisasi dan persiapan dalam menerima orang terkonfirmasi positif. Termasuk juga pemenuhan beberapa layanan bagi yang akan menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan Gugus Tugas Balikpapan akan menggelar rapid test massal bagi pedagang di Pasar Sepinggan pada Kamis (6/7).

Skrining awal tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut meninggalnya seorang pedagang yang awalnya merupakan suspek, yang kemudian hasil swab keluar dengan terkonfirmasi positif.

Pada hari ini dan besok, Gugus Tugas akan melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan sekaligus berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat dan pengelola pasar. Ia berharap para pedagang dapat bekerja sama dengan mengikuti rapid test massal pada Kamis nanti. Gugus Tugas menyiapkan 500 alat untuk rapid test massal ini.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CDdomrgBmQB/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *