ARTICLE INI BALIKPAPAN

500 Alat untuk Rapid Test Massal di Pasar Sepinggan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan menyiapkan 500 alat untuk pelaksanaan rapid test massal di Pasar Sepinggan, Kamis besok (6/8).

Skrining awal penularan Covid-19 ini merupakan tindak lanjut ditemukannya kasus positif pada salah satu pedagang yang meninggal pada Minggu (2/8). Pelaksanaan rapid test dilakukan di area parkir Pasar Sepinggan mulai pukul 09.00-12.00 Wita.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, langkah rapid test dilakukan agar hasil identifikasi awal penularan lebih cepat didapat.
Sebab, jika melakukan swab test massal, saat ini sedang terjadi antrean cukup banyak di seluruh fasilitas laboratorium PCR maupun TCM di Kaltim.

Sehingga, dengan dilakukan rapid test, ia berharap setelah hasil didapat maka dapat dilakukan langkah-langkah penanganan lainnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Dari perkembangan terakhir, seperti disampaikan saat konferensi pers hari ini (5/8), kasus terkonfirmasi positif kembali ditemukan di pasar. Di mana salah satu kasus kasus yang meninggal hari ini merupakan pedagang di Pasar Baru.

Sebelumnya, kasus positif juga ditemukan di Pasar Pandansari, Pasar Muara Rapak, dan Pasar Sepinggan. Tindak lanjut pencegahan di Pasar Baru akan dilakukan setelah rapid test di Pasar Sepinggan selesai.

Kemudian Pemerintah Kota Balikpapan juga telah mengeluarkan surat edaran agar perkantoran baik BUMN/BUMD dan swasta di Balikpapan kembali melakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sebagai salah satu upaya mencegah pertambahan penularan Covid-19.

Gugus Tugas Balikpapan hari ini melaporkan penambahan 31 kasus terkonfirmasi, 33 kasus sembuh, dan 3 kasus meninggal.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CDgZScRBcFv/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *