ARTICLE INI BALIKPAPAN

Penambahan 28 Kasus dari Klaster Guru

Rapid Test Massal di Pasar Sepinggan Diikuti 110 Pedagang

Penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan telah terjadi di berbagai sektor kegiatan masyarakat. Karena itu, masyarakat diminta untuk patuh terhadap protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Terbaru, transmisi lokal terjadi di dua sekolah di Balikpapan. Penemuan kasus ini bermula dari seorang guru yang datang ke rumah sakit dengan gejala mirip Covid-19 seperti batuk, demam, dan sesak napas. Setelah melalui pemeriksaan swab test kemudian guru tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty mengatakan, dari tracing kontak erat guru tersebut ternyata sampai kepada guru lain dan pegawai di dua sekolah yang merupakan SD dan SMP. Tracing bermula dengan dilakukan rapid test kepada seluruh guru dan pegawai di dua sekolah, kemudian dilanjutkan dengan swab test dengan hasil 28 terkonfirmasi positif.

Dari kasus ini, Andi Sri Juliarty mengimbau agar setiap perkantoran di Balikpapan untuk disiplin melakukan protokol kesehatan. Kemudian juga melakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di area perkantoran.

Sementara itu, dari rapid test massal di Pasar Sepinggan yang digelar pagi tadi (6/8), Andi Sri Juliarty menyampaikan bahwa skrining awal tersebut diikuti 110 pedagang. Dari rapid test yang dilakukan terdapat 9 hasil reaktif.

Kesembilan orang dengan hasil rapid test reaktif ini selanjutnya akan mengikuti rapid test ulang dengan alat yang berbeda. Jika masih ditemukan reaktif, maka akan dilanjutkan dengan swab test.

Kemudian dalam tindak lanjut kasus positif di Pasar Baru, Dinas Kesehatan telah menugaskan Puskesmas wilayah terkait untuk melakukan pengecekan dan rencana tindak lanjut sterilsasi. Ia juga berharap kerja sama dari pengelola Pasar Baru dan pedagang untuk dapat mengikuti tindak lanjut pencegahan, seperti sterilisasi dan rapid test massal.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan hari ini melaporkan 54 kasus terkonfirmasi positif, delapan sembuh, dan dua meninggal dunia.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CDjJ30nBn15/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *