ARTICLE SOBAT POLRI

TNI Polri Bersinergi Di Masa Pandemi Covid-19

Penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia, dan Kalimantan Timur pada khususnya, masih terus berlangsung. Belum ditemukannya vaksin virus corona jenis baru tersebut tentunya membuat masyarakat masih rentan tertular virus ini. Sejumlah kebijakan diterapkan di masing-masing daerah guna membatasi dan memutus mata rantai penyebaran virus.

Masyarakat sepertinya mulai memberanikan diri untuk beraktivitas di luar rumah, hal ini tentu saja demi keberlangsungan roda ekonomi mereka. Terkadang urusan perut bisa membuat manusia seakan tidak perduli lagi dengan hal yang mengancam kesehatan mereka dan keluarga.

Untuk itulah diperlukan aparat dalam hal ini TNI dan Polri yang bisa mengawasi kegiatan masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kebijakan yang diterapkan di daerah masing-masing tentunya membutuhkan kesadaran dari diri masyarakatnya agar bisa terlaksana dengan baik. Guna memastikan bisa terlaksana dan masyarakat bisa terhindar dari sebaran virus corona, gugus tugas covid-19 di masing-masing daerah melibatkan TNI dan Polri sebagai pengawas.

Bagaimanakah peranan TNI Polri selama pandemi di Kalimantan Timur?

Aktif Mendukung Pengamanan Selama Pandemi

Peranan TNI dan Polri sebagai aparat penegak hukum terus dijalankan meski kondisi sedang berlangsung pandemi virus covid-19. Keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat tetap harus terjamin dan terjaga. Aparat di lapangan terus aktif berpatroli siang dan malam guna menjamin kamtibmas.

Koordinasi Aktif Antara TNI dan Polri

Dok Humas Polda Kaltim

Polda Kaltim dan aparat TNI di Kalimantan Timur rutin menjalin koordinasi. Saling melaporkan kondisi kamtibmas di masing-masing kota dan kabupaten agar sama-sama bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pandemi membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Hal ini tentu saja mempengaruhi perputaran roda ekonomi masyarakat. Minimnya pemasukan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya tindakan kejahatan. Untuk itu perlu peran aktif TNI dan Polri sebagai aparat keamanan menjamin dan menjaga kamtibmas.

Mengawasi Dan Menjaga Keamanan Saat Pembagian BLT

Dok Humas Polda Kaltim

Selama pandemi ini, pemerintah mempunyai program bantuan langsung ke masyarakat, baik berupa pembagian sembako maupun pemberian bantuan langsung tunai. Masyarakat ekonomi bawah yang terdampak covid-19 tiap bulan mendapatkan kucuran dana dan bantuan lainnya baik dari pemerintah daerah maupun dari perusahaan dan juga tentunya dari TNI dan Polri.

Guna menjaga kondusifitas saat berlangsungnya pembagian bantuan, TNI dan Polri bekerjasama mengamankan lokasi tempat dilakukannya pembagian bantuan. Antrian diatur sedemikian rupa dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Berbagi Masker

Dok Humas Polda Kaltim

Masker menjadi salah satu perlengkapan wajib di saat pandemi covid-19. Sebagai salah satu pemutus mata rantai penyebaran virus, masker wajib digunakan oleh masyarakat selama beraktivitas di luar rumah. TNI dan Polri secara rutin melakukan patroli keliling memberi himbauan mengenai pentingnya menggunakan masker. Selain itu babinsa dan babinkamtibmas juga rutin melakukan pembagian masker gratis agar masyarakat semakin menyadari pentingnya mencegah penularan virus covid dengan cara menggunakan masker.

Dapur Umum

Dok Humas Polda Kaltim

Guna membantu masyarakat terdampak covid-19 dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama pakan, TNI Polri dengan sigap membuat dapur umum yang berfungsi memasak dan hasil masakan dibagikan secara gratis bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Bahu membahu para personel TNI Polri memasak ratusan porsi makanan setiap harinya. Dan kemudian juga melakukan pembagian door to door kepada masyarakat sekitar.

Penyemprotan Disinfektan

Dok Humas Polda Kaltim

Salah satu cara mencegah penyebaran virus covid-19 ialah dengan rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini bisa dilakukan mandiri oleh masyarakat di lingkungan sekitar rumah, dan untuk tempat-tempat publik, kegiatan ini rutin dilakukan oleh pihak TNI Polri.

Tempat ibadah, tempat pelayanan publik, taman, pasar, serta fasilitas umum yang digunakan secara bersama oleh masyarakat rutin dilakukan penyemprotan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Sosialisasi Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

Dok Humas Polda Kaltim

Kunjungan rutin babinsa dan babinkamtibmas ke masyarakat dilakukan selain untuk mengontrol kamtibmas, juga melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan. Pentingnya mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Himbauan ini menekankan kepada warga masyarakat dan diharapkan masyarakat bisa sadar akan pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan, dan selalu menggunakan masker demi mencegah dampak dari virus Corona (Covid-19) ini.

Butuh Kerjasama Dan Kesadaran Masyarakat

Guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 tentunya membutuhkan kerjasama masyarakat dan juga kesadaran diri untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah.

Menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menggunakan masker, serta mematuhi aturan yang diterapkan oleh pemerintah daerah masing-masing. Sebaiknya jika tidak ada keperluan penting lebih baik berada di rumah saja. Dan jika memang harus beraktivitas di luar rumah, tetap mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini tentu saja bukan hanya demi diri sendiri, tetapi juga demi kesehatan keluarga di rumah juga. ***

*** Achmad Faizal, S.Hum, Pegiat Media Sosial Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *