ARTICLE INI BALIKPAPAN

ASN Terkonfirmasi Positif Meningkat

Sejak pandemi Covid-19, sudah 20 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan yang terkonfirmasi positif. ASN tersebut berasal dari beberapa perangkat daerah seperti Dinas Perhubungan, Dinas Perpustakaan dan Arsip dan lainnya.

Selain melakukan penanganan terhadap ASN yang terkonfirmasi positif dan melakukan tracing, Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan antisipasi dengan melakukan karantina terhadap kantor Perangkat Daerah pada 18-19 Agustus, di mana seluruh pegawai bekerja dari rumah (work from home).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, setelah karantina kantor ini para pegawai dijadwalkan kembali bekerja pada 24 Agustus nanti. Namun, apabila dari perkembangan terakhir situasi belum membaik maka karantina kantor pemerintahan dapat kembali dilanjutkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pada hari ini kembali terjadi penularan pada tenaga kesehatan di RSUD Beriman yang merupakan seorang dokter dan seorang perawat pasien Covid-19.

Dengan temuan ini, RSUD telah melakukan langkah pencegahan dengan pergantian kru untuk penanganan pasien. Dan penutupan sementara terhadap layanan rawat jalan yang rentan seperti poli THT dan poli Gigi. Kemudian layanan Poli Penyakit Dalam, Poli Kandungan, dan UGD tetap membuka pelayanan.

Pada jumpa pers di kota Balikpapan hari ini (19/8), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan 48 terkonfirmasi positif, 11 menyelesaikan isolasi, dan 6 kasus meninggal dunia.

Dari 48 kasus terkonfirmasi positif tersebut, sebanyak 31 di antaranya berasal dari orang tanpa gejala yang melakukan pemeriksaan swab test secara mandiri.Rizal Effendi mengatakan, kondisi tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri dengan melakukan swab test mulai meningkat.

Ia melanjutkan, apabila masyarakat merasakan gejala Covid-19 untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Tidak kalah penting juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker di segala aktivitas.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CEEJfVphI65/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *