ARTICLE INI BALIKPAPAN

Gugus Tugas Covid Balikpapan Kembali Ingatkan Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan

Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Balikpapan perlu mendapatkan perhatian dan kepedulian semua pihak. Pada hari ini (26/8) terdapat satu balita terkonfirmasi positif yang meninggal dunia dengan penyakit komorbid berat.

Bayi dengan usia 1 tahun 8 bulan tersebut meninggal dunia pada 25 Agustus pukul 12.45 Wita di RS Kanujoso Djatiwibowo. Sebelumnya bayi tersebut di bawa ke rumah sakit dengan riwayat suspek dan dirawat sejak 24 Agustus. Ini sekaligus menjadi kasus pertama balita terkonfirmasi positif yang meninggal dunia di kota Balikpapan.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Balikpapan, sejak pandemi berlangsung pada Maret sudah 31 balita yang terpapar Covid-19. Kemudian anak usia 6-10 tahun sebanyak 24 orang, dan usia 11-18 sebanyak 37 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, kasus Covid-19 pada anak ini terjadi dari penularan di lingkungan keluarga. Ia pun mengingatkan pentingnya protokol kesehatan tidak hanya diterapkan saat berada di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah.

“Terutama jika di rumah terdapat orang atau kelompok rentan tertular, seperti lansia, ibu hamil, balita, dan anggota keluarga lain yang memiliki penyakit komorbid. Maka protokol kesehatan wajib diterapkan,” ungkap Andi Sri Juliarty.

Penerapan protokol kesehatan di rumah dimulai dari anggota keluarga setelah beraktivitas di luar rumah langsung membersihkan diri atau mandi sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.

“Jika perlu tetap memakai masker di dalam rumah ketika berinteraksi dengan mereka yang rentan. Karena kita bisa saja menjadi pembawa virus tersebut ke dalam rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan hari ini (26/8) melaporkan pertambahan 48 terkonfirmasi positif, 40 selesai isolasi, dan tujuh meninggal dunia.

Sebagian besar kasus terkonfirmasi positif hari ini berasal dari kasus tanpa gejala sebanyak 25 orang, diikuti riwayat suspek dengan keluhan, dan tracing kasus terkonfirmasi positif sebelumnya.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CEWcD50h19q/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *