ARTICLE INI BALIKPAPAN

60 Pelanggar Perwali Langsung Jalankan Sanksi

Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan operasi pendisiplinan pada hari pertama penerapan sanksi berupa kerja sosial, penyediaan masker, dan denda administratif bagi pelanggar Perwali Nomor 23 Tahun 2020 pada Selasa (1/9).

Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli menerangkan pada pagi tadi, tim Satpol PP bersama TNI dan Polri melaksanakan operasi pendisiplinan di seluruh kecamatan. Namun dikarenakan hujan, hanya empat kecamatan yang dapat dilakukan operasi. Yakni, Balikpapan Utara, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Kota.

Dari operasi pagi, terjaring 60 pelanggar Perwali. Dari jumlah pelanggar tersebut, 25 orang dikenakan sanksi denda administratif Rp 100 ribu, 6 orang memilih mengganti dengan menyediakan 19 masker, dan 29 menjalankan sanksi kerja sosial. Operasi pendisiplinan dilanjutkan pada sore tadi di enam kecamatan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan dengan berlakunya sanksi ini maka masyarakat dapat memberi perhatian penuh tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan. Karena tujuan untuk penerapan protokol kesehatan ini adalah untuk keselamatan bersama di tengah masih tingginya kasus selama pandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty berharap dampak positif dari penerapan sanksi disiplin Perwali Nomor 23 Tahun 2020 dapat terlihat pada dua pekan mendatang, yang ditandai dengan penurunan kasus Covid-19.

Seperti diketahui, sejak 1 Agustus 2020 sampai 1 September 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Balikpapan bertambah 1.295 kasus. Sementara jumlah kasus terkonfirmasi pada 1 Juli-31 Juli berjumlah 312 kasus.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan hari ini (1/9) melaporkan pertambahan 35 terkonfirmasi positif, 32 kasus selesai isolasi, dan 2 meninggal berstatus probable. Dari jumlah kasus terkonfirmasi positif, 25 di antaranya berasal dari riwayat kasus tanpa gejala, diikuti 5 dari riwayat suspek, 4 dari tracing, dan 1 pemeriksaan mandiri.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CEl2SgZBOuC/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *