ARTICLE INI BALIKPAPAN

Bulan Ini Fokus Pendisiplinan Jaga Jarak

Pada bulan ini, Pemerintah Kota Balikpapan akan memfokuskan kampanye dan pendisiplinan penerapan jaga jarak di masyarakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota fokus mengampanyekan dan pendisiplinan pemakaian masker yang merupakan salah satu dari tiga kewajiban protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Sesuai arahan pemerintah pusat, kami akan mengampanyekan dan mendisiplinkan penerapan jaga jarak. Bulan berikutnya adalah mengampanyekan cuci tangan pakai sabun,” ungkap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat jumpa pers di Kantor Wali Kota, hari ini (9/9).

Diterangkan lebih lanjut, Rizal Effendi mengatakan pendisiplinan jaga jarak ini juga telah diatur dalam Perwali Nomor 23 Tahun 2020. Selama sebulan ini selain penertiban pemakaian masker, juga akan fokus pada penerapan jaga jarak di tempat-tempat yang wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti kafe, restoran dan tempat umum lainnya.

“Memang jaga jarak ini yang cukup sulit diterapkan. Seperti di kafe dan restoran misalkan pengelola sudah mengatur, kadang pengunjung yang tidak konsisten. Karena itu kita harapkan, setiap usaha memiliki petugas yang rutin untuk mengatur dan mengingatkan menjaga jarak,” sambung Wali Kota.

Menurutnya, jika dalam operasi penertiban petugas menemukan kondisi tidak tertib menjaga jarak, maka baik pengunjung dan pengelola dapat dikenakan sanksi melanggar Perwali Nomor 23 Tahun 2020.

Rizal juga menyampaikan dari 30 terkonfirmasi positif hari ini, baik yang dirawat maupun tanpa gejala sebagian berusia muda dari 20 sampai 30 tahun.
“Ini juga perlu mendapat perhatian kita semua. Juga hari ini terdapat anak usia 5 tahun, yang merupakan tracing dari keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan pertambahan 30 kasus terkonfirmasi positif, terdiri dari 10 riwayat suspek, 15 riwayat tanpa gejala, 1 perluasan tracing kasus, dan 4 tracing di tempat kerja.

Kemudian terdapat 7 kasus selesai isolasi dan tidak ada kasus meninggal hari ini. Namun Gugus Tugas menerima 3 hasil swab test dari kasus meninggal dunia sebelumnya yang menyatakan positif.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CE6mTBlB-kD/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *