ARTICLE INI BALIKPAPAN

Pemkot Balikpapan Akan Evaluasi Jam Malam

Meski terjadi pelandaian kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada beberapa hari terakhir, Pemerintah Kota Balikpapan tetap akan memberlakukan kebijakan jam malam.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan mengatakan, evaluasi pelaksanaan jam malam terus dilakukan pihaknya dengan melihat perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 dan tingkat kedisiplinan masyarakat hingga pekan ini.

“Kasus konfirmasi positif juga masih turun naik. Pemerintah Kota Balikpapan menilai kebijakan jam malam mulai pukul 22.00 Wita dengan pelonggaran boleh take away masih perlu dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, jika kasus terus menurun dan kedispilinan meningkat maka Pemerintah Kota Balikpapan dapat kembali melakukan sejumlah kelonggaran. Jika sebaliknya, maka akan kembali diperketat.

“Kelonggaran bisa cepat, bisa lambat kita lakukan. Kini tergantung masyarakat untuk disiplin, pelaku usaha juga bisa mengajak pengunjungnya tertib. Jadi ayo masyarakat sama-sama tingkatkan disiplin protokol kesehatan, bukan hanya disiplin kalau ada petugas. Tapi karena kesadaran diri sendiri dan ini menjadi kebiasaan baru,” kata Rizal Effendi.

Pada hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan pertambahan 30 kasus konfirmasi positif, 43 selesai isolasi, dan tidak ada kasus meninggal.

Kasus konfirmasi sebagian besar dari riwayat suspek sebanyak 17, riwayat tanpa gejala 9 kasus, dan 4 dari tracing kasus. Perlu menjadi perhatian karena pada hari ini terdapat dua wanita hamil yang terkonfirmasi positif.

“Satu di antaranya telah melahirkan, dan bayinya sehat. Sementara satu lainnya masih menjalani perawatan isolasi,” tutur Rizal Effendi.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dengan dua penambahan kasus ini maka jumlah ibu hamil di kota Balikpapan terkonfirmasi positif menjadi 40 orang.

Sebelum jumpa pers, dilakukan simbolis penyerahan bantuan masker sebanyak 650 pcs dan flyer 400 lembar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman Samarinda.

Bantuan diserahkan perwakilan FISIP Unmul Thalita Rifda Khairani yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty. Pendistribusian bantuan telah dilakukan FISIP Unmul ke Kecamatan Balikpapan Selatan, Kelurahan Sungai nangka, dan Sekretariat Pemerintah Kota balikpapan.

“Bantuan ini kami serahkan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” tutur Thalita.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CFtvmyTB2e6/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *