ARTICLE INI BALIKPAPAN

Masih Terjadi Penambahan Dari Klaster Perkantoran Di Balikpapan

Perkembangan kasus Covid-19 harian kembali mengalami penurunan. Pada hari ini (5/10) jumlah terkonfirmasi positif di Balikpapan 13 kasus, 37 selesai isolasi, dan 3 kasus positif meninggal dunia.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid 19 mengatakan, pihaknya bersyukur dengan penurunan kasus jumlah kasus terkonfirmasi. Namun tetap perlu menjadi perhatian karena ada 3 kasus terkonfirmasi positif yang meninggal.

“Pada hari ini juga tidak ada perkembangan dari klaster perumahan. Kasus terkonfirmasi sebagian besar dari klaster perkantoran dengan 11 kasus,” ungkap Rizal Effendi.

Meski jumlah konfirmasi positif telah turun di bawah 20, Wali Kota tetap meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, melihat pekan-pekan sebelumnya jumlah terkonfirmasi masih naik turun.

“Kita berharap masyarakat terus disiplin, dan angka dapat terus ditekan lagi,” ujarnya.

Berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang melakukan penyeragaman tarif swab test menjadi Rp 900 ribu, menurut Rizal, pihaknya tengah menanti surat edaran dari Kementerian Kesehatan yang akan menjadi petunjuk untuk melaksanakan swab test.

“Kalau fasilitas kesehatan pemerintah yang menyediakan fasilitas swab test tentu akan siap. Tapi di Balikpapan, ada klinik yang memiliki laboratorium PCR, tapi ada juga klinik yang menyediakan layanan swab test tapi sampelnya dikirim untuk diperiksa di Jakarta. Ini yang membuat biaya swab test bervariasi,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli menyampaikan hasil operasi pendisiplinan protokol kesehatan, sampai Minggu (5/10) jumlah pelanggar yang ditindak senbanyal 2.952. Dan jumlah pelaku usaha yang ditindak karena melanggar jam malam sebanyak 192.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CF9PtQEBTbt/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *