Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen dan Swab Test

Saat ini ramai diperbincangkan tentang rapid antibodi dan rapid antigen sebagai syarat bepergian, khususnya ke Bali dan Jakarta. Lantas, apakah “rapid antigen” sama dengan “rapid antibodi“?

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty menjelaskan, rapid antigen merupakan salah satu pengujian virus corona dengan mendeteksi protein virus (antigen).

Berbeda dengan rapid test antibodi yang mengambil sampel darah, rapid antigen ini cara pemeriksaannya menggunakan sampel spesimen dari nasofaring (hidung) dan orofaring (tenggorokan), atau mirip swab test untuk pengujian dengan metode PCR.

Rapid antigen sendiri memiliki tingkat akurasi sebesar 50% dan membutuhkan waktu 10-15 menit hingga hasil keluar. Jadi lebih cepat dari PCR,” kata Andi Sri Juliarty.

Setelah melakukan pendataan, di Balikpapan terdapat 11 fasilitas kesehatan yang sudah dapat melayani pemerikasaan rapid antigen.

Meskipun baru dua daerah yang akan menerapkan syarat rapid antigen untuk bepergian, Balikpapan belum menerapkan persyaratan ini karena perlu koordinasi lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CI-M2aFBARO/

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *