Pergantian Tahun Di Masa Pandemi

Seluruh dunia saat ini masih berperang dengan virus covid-19. Pandemi yang juga masih berlangsung di Indonesia tentunya membatasi segala aktivitas masyarakat. Kebiasaan berkerumun, berkumpul harus dikurangi guna memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru ini.

Berbagai perayaan entah itu hari jadi, perayaan keagamaan, resepsi pernikahan dll tidak bisa lagi dilakukan seperti sedia kala sebelum pandemi berlangsung. Jika pun dilakukan, ada batasan orang yang bisa hadir serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pun demikian dengan perayaan pergantian tahun. Yang biasanya dirayakan dengan pesta kembang api, acara kumpul teman, keluarga sambil bakar-bakaran makanan, serta beragam acara hiburan yang mengumpulkan massa, tahun ini harus direm dan ditiadakan.

Maklumat Kapolri Tentang Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan maklumat Nomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Berikut isi maklumat yang ditandatangani Kapolri pada tanggal 23 Desember 2020 tersebut:

1. Bahwa dengan mempertimbangkan penanganan penyebaran COVID-19 secara nasional yang belum sepenuhnya terkendali dan masih berpotensi berkembang luas dalam masyarakat.

2. Guna memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan tahun baru Tahun 2021, dengan ini Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Maklumat untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa:

a. Perayaan Natal dan kegiatan di luar tempat ibadah;
b. Pesta/perayaan malam pergantian tahun;
c. arak-arakan, pawai, dan karnaval;
d. Pesta perayaan kembang api.

3. Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

4. Demikian maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

Kerumunan Mempercepat Penyebaran Virus Covid-19

Tidak bisa kita pungkiri penyebaran virus covid-19 ini sangatlah cepat dan tanpa kita sadari. Banyak orang-orang tanpa gejala yang sebenarnya sudah terpapar namun belum menunjukkan gejala berarti yang bisa menularkan virus.

Untuk itulah kita perlu melakukan jaga jarak, meminimalisir sentuhan dengan orang lain, menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar guna menjaga agar tubuh kita tidak terpapar dan kita tidak menjadi carier virus bagi orang sekitar kita.

Penyebaran virus covid-19 melalui droplet/pecikan saat penderita batuk atau bersin, serta anggota tubuh atau benda yang mengandung droplet penderita yang tanpa sadari kita sentuh, kemudian kita menyentuh area mulut dan hidung kita.

Mengapa kerumunan orang bisa menjadi faktor penyebab penyebaran virus covid=19?

Apabila di antara kerumunan orang ada satu atau beberapa orang yang menderita covid-19, tentunya dengan mudah virus berpindah, menempel dan terbawa orang sekitarnya. Untuk itulah makanya protokol kesehatan menghindari kerumunan diberlakukan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Jika kita tetap ngotot berkumpul rame-rame dengan mengabaikan protokol kesehatan demi merayakan tahun baru mungkin akan membuat kita pulang dengan membawa virus dan tanpa kita sadari kita menyebarkannya pada keluarga atau tetangga.

Maklumat yang dikeluarkan Kapolri mempertimbangkan penanganan penyebaran COVID-19 secara nasional yang belum sepenuhnya terkendali dan masih berpotensi berkembang luas di masyarakat. Guna memberikan perlindungan dan menjamin keamanan serta keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal dan tahun baru, maka Kapolri meminta masyarakat tidak menyelenggarakan pertemuan atau kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum.

Semua kepala daerah di Indonesia pun melakukan himbauan agar masyarakat merayakan tahun baru di rumah saja bersama keluarga kecil, bahkan ada beberapa yang menutup akses tempat hiburan, serta tempat-tempat umum yang berpotensi mengumpulkan massa dalam jumlah banyak.

Merayakan Pergantian Tahun Yang Aman Selama Masih Pandemi

sumber google

Bagi yang sudah terbiasa merayakan pergantian tahun baru dengan berpesta, berkumpul bersama keluarga besar atau teman, ada banyak cara yang bisa dilakukan meski di rumah saja.

  1. Jika kita ingin merayakan bersama orang lain, seperti keluarga jauh, teman atau sahabat, kita bisa melakukan panggilan video secara berkelompok sehingga momen kebersamaan masih bisa dirasakan meski secara virtual.
  2. Bagi yang takut keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan, bisa menggunakan aplikasi berbelanja yang sudah banyak dibuat guna memanjakan orang-orang yang di rumah saja saat pandemi, atau bisa memesan makanan siap saji dari restauran atau rumah makan langganan kita secara online.
  3. Tunda bepergian keluar kota selama liburan. Semakin banyak tempat yang kita temui, semakin banyak orang berbeda yang kita temui, semakin besar potensi kita ikut terpapar virus covid-19. Untuk itu sebisa mungkin kita mengerem kebiasaan bepergian selama masih berada dalam fase pandemi, meski new normal sudah berlangsung. Kalau pun kita terpaksa keluar rumah, penting bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  4. Hindari mengundang atau menghadiri undangan perayaan pergantian tahun baru, apalagi jika tempat yang digunakan selama perayaan merupakan ruangan tertutup dan memiliki ventilasi perputaran udara yang buruk.
  5. Menghabiskan waktu bersama keluarga sejatinya sudah menjadi kegiatan yang bisa menghadirkan momen kebersamaan yang mungkin selama sebelum pandemi kita jarang berkumpul bersama keluarga kecil kita. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama, seperti nonton film atau acara hiburan bersama, main game bersama atau hanya sekedar berbincang menceritakan kegiatan-kegiatan atau momen-momen kenangan masa lalu. Tentunya dilakukan tanpa mengganggu tetangga yang tidak merayakan pergantian malam tahun baru.

Kesehatan Lebih Penting

Selama pandemi ini masih terus menghantui kehidupan kita, sebisa mungkin kita menjaga kesehatan tubuh, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga akan bermanfaat bagi orang sekitar kita yang kita sayangi.

Kebugaran tubuh kita jaga dengan pola makan sehat, pola tidur yang cukup, serta jangan lupa bahagia. Kalau kita stres tentunya akan berpengaruh kepada imun kita. Imun tubuh kita akan ikut turun, dan jika itu terjadi virus atau pun penyakit lain akan cepat berkembang dalam tubuh kita. Jangan sampai karena kebahagiaan satu malam, akhirnya berujung duka. ***

*** Achmad Faizal, S.Hum, Pegiat Media Sosial Balikpapan

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *